Selasa, 6 Desember 2022 - 19:54:18
27 C
Surabaya

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Dispendik Gresik Sosialisasi Asesmen Kepala Sekolah

PORTALSURABAYA.COM –  Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik melakukan pemantapan untuk persiapan Asesmen Nasional (AN) berbasis komputer. Untuk pemahaman AN, pihak Kepala Sekolah SD menyamakan persepsi untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dispendik Gresik, Nur Maslichah mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dari Kepala Sekolah, sebab AN ini bukan pengganti Ujian Nasional (UN) untuk itu kesiapan sarana dan prasarana sangat penting.

“Kami berharap untuk hasil dari kegiatan ini menjadi potret yang detail dalam kesiapan untuk AN di setiap lembaga pendidikan agar mutu pendidikan bisa meningkat,” katanya Jumat, (24/9/2021).

Sementara dari Kasi Kurikulum Sekolah Dasar (SD) Dispendik Gresik, Sholikh menjelaskan kegiatan ini untuk persiapan simulasi yang kedua pada Minggu ke tiga pembelajaran. Karena itu Kepala Sekolah dan proktor menyamakan persepsi tentang kesiapan untuk simulasi.

“Kegiatan ini, Sekolah Dasar sekabupaten Gresik diundang baik negeri, swasta dan ditambah satu perwakilan dari MI untuk mengikuti Asesmen Nasional,” jelasnya.

Sementara lanjut Sholikh dari 16 Kecamatan di Gresik, khusus untuk kecamatan Tambak dan Bawean akan dilaksanakan pada bulan mendatang dan langsung dari Dispendik Gresik.

Sedangkan untuk menindaklanjuti tentang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yaitu literasi dan moderasi dari narasumber Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), karena berkesinambungan antara AN dan AKM ini sangat sinergi sekali.

“Mohon doanya dari semua pihak yang terkait dunia pendidikan supaya AMK di Kabupaten Gresik kedepan lebih baik,” terangnya.

Selain itu, Sholikh menambahkan untuk asesmen sendiri akan dimulai tahun ini, karena arahnya pada merdeka belajar. Nanti semua siswa sudah menggunakan langsung lewat Informasi Teknologi.

Berikutnya pemerintah akan memberikan bantuan teknologi informasi berupa laptop dan komputer. Dimana kabupaten Gresik akan meluncurkan 400 paket komputer untuk persiapan asesmen ini. Tapi sekolah tidak sama dalam mendapatkan bantuan sebab harus sesuai dengan ketentuan.

“Harapan semua lembaga sukses di dalam AN, yaitu bisa mengerjakan soal – soal tentang literasi dan moderasi. Jadi yang diharapkan kedepan itu seluruh siswa yang mengikuti AN itu bisa mengerjakan soal tentang literasi dan moderasi karakter dan survei lingkungan,” ungkapnya.*

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

0FansSuka
3,597PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Mitigasi Bencana, Bupati Gresik Tinjau BMKG Pulau Bawean

PORTALSURABAYA.COM - Ditengah kunjungan kerja (Kunker) di Pulau Putri sebutan Pulau Bawean, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyempatkan mampir ke kantor Badan Meteorologi Klimatologi...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR