Rabu, 17 Agustus 2022 - 13:28:45
27 C
Surabaya

Kompetisi Saint Nasional, Plt Kadispendik: Semoga Jadi Ilmuwan Masa Depan

PORTALSURABAYA.COM – Puspresnas DiPuspresnas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar resmi mengumumkan siswa siswi se Indonesia yang lolos untuk mengikuti Kompetisi Sains Nasional 2021 tingkat Nasional yang akan digelar bulan depan.

Kompetisi Saint Nasional (KSN) merupakan kompetisi akademik paling bergengsi yang rutin digelar setiap tahun secara berjenjang mulai tingkat Kabupaten hingga tingkat Nasional bahkan Internasional itu di ikuti siswa siswi Kabupaten Gresik.

KSN 2021 yang dulu dikenal dengan nama Olimpiade Sains diselenggarakan untuk mewadahi siswa siswi berbakat di bidang akademik yang akan disiapkan untuk menjadi calon calon ilmuwan masa depan.

Seleksi yang digelar mulai tingkat sekolah, diharapkan mampu membentuk atmosfer akademik yang kompetitif. Dua tahun ini KSN memang tidak bisa digelar meriah seperti dulu, namun tetap dilaksanakan secara daring atau online.

Pandemi tidak boleh menghalangi siswa untuk mengukir prestasi terbaiknya dan Alhamdulillah KSN 2021 tetap digelar secara daring walaupun di tengah pandemi dengan jargon Pandemi tetap mengukir prestasi, jujur itu juara.

Semangat ini juga dimiliki oleh peserta dari Kabupaten Gresik yang dibuktikan tahun ini untuk jenjang SD, lolos ke tingkat Nasional untuk bidang IPA atas nama Kenzie Raissa Akmal dari SD Islam Al Muttaqin Driyorejo.

Sedangkan untuk jenjang SMP Kabupaten Gresik juga mampu menjadi wakil Jawa Timur di tingkat Nasional untuk bidang IPA atas nama Prisca Jamela Bilbinna¬† dari SMPN 1 Gresik dan untuk bidang IPS atas nama Ni’matun Mafrukhan dari SMPN 31 Gresik.

“Selamat untuk anak – anak hebat Kabupaten Gresik, saya yakin kalian dapat mengukir prestasi terbaik di tingkat Nasional bahkan Internasional. Belajar, berdoa dan ikuti arahan dari Bapak/Ibu pembina,”kata Plt Kepala Dispendik Gresik, S. Hariyanto.

Lebih lanjut, Hariyanto saat memberikan penghargaan juara KSN tingkat Kabupaten dan memberikan pengarahan para juara untuk mengikuti pembinaan bersama para pembina KSN yang telah ditunjuk Dispendik Kabupaten Gresik.

“Keberhasilan ini jadi motivasi siswa siswi di Gresik agar kedepan banyak yang berprestasi tingkat nasional dan bahkan internasional. Semoga menjadi calon ilmuwan masa depan,” terangnya, Kamis (21/10/2021).

Sementara guru SMPN 1 Gresik sekaligus pembina KSN bidang IPA, Nurul Wahyu Purwaningtyas mengatakan, KSN 2021 tingkat nasional akan gelar bulan November, tentu saja membutuhkan persiapan yang matang.

“Anak- anak ini akan kami bina baik teori dan juga praktikum untuk persiapan tingkat Nasional. Kami mohon doa dari semua pihak, agar anak – anak diberi kemudahan dalam belajar dan dapat mempersembahkan emas terbaik untuk Kabupaten Gresik,” ucap Nurul yang merupakan salah satu pembina KSN bidang IPA yang ditunjuk Dispendik Kabupaten Gresik.

Semoga kabar gembira dari dunia pendidikan ini  dapat menginspirasi, agar pandemi global ini tidak menyurutkan semangat para pelajar untuk tetap belajar.

“Ya semoga saja KSN ini bisa memacu semangat siswa. Kita tahu, pandemi ini membuat semua menjadi berubah, tapi saya berharap semangat siswa dalam berprestasi tidak luntur,” ungkap Nurul.*


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,437PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Sempat Alami Kekosongan, Kabupaten Gresik Resmi Miliki Sekretaris Daerah

PORTALSURABAYA.COM - Kabupaten Gresik telah memiliki Sekretaris Daerah (Sekda), setelah Achmad Washil Miftahul Rachman pada, Kamis (30/9/2021) dilantik oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani....

BERITA TERKINI

MOST POPULAR