Rabu, 17 Agustus 2022 - 15:02:34
27 C
Surabaya

Percepat Eliminasi TBC, Dinkes Gresik Bentuk Tim antar OPD

PORTALSURABAYA.COM – Agar penyakit Tuberkulosis (TBC) segera bisa teratasi dengan cepat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik membentuk tim yang diisi beberapa komponen untuk percepatan eliminasi Tuberkulosis.

Tim itu terdiri dari beberapa komponen yakni Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, organisasi profesional, organisasi Kemasyarakatan dan Corporate Social Responsibility (CSR) dan lain – lain.

Plt Kepala Dinkes Gresik, dr. Mukhibatul Khusnah melalui Kepala Bidang (Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Gresik, dr. Ummi Khoiroh menjelaskan jika nantinya tim ini akan bertugas menyusun rencana aksi di daerah penanggulangan TBC yang ada di Kabupaten Gresik.

“Nanti tim yang sudah dibentuk ini akan bertugas menyusun penanggulangan penyakit TBC di Gresik,” kata dr. Ummi, Jumat (15/10/2021).

Lebih lanjut, dr. Ummi mengatakan dengan adanya regulasi peraturan Bupati Nomor 37 tahun 2020 akan menjadi acuan untuk tim percepatan TBC dalam bekerja. Sehingga untuk mewujudkan Gresik eliminasi TB tahun 2028 dan lebih cepat 2 tahun dari target nasional. Karena nasional menargetkam TB tahun 2030.

“Dengan adanya tim percepatan TBC ini bisa mengurangi target dari nasional yang biasanya ditargetkan tahun 2030 bisa lebih cepat tahun 2028 sudah eliminasi TB di Gresik,” terangnya.

Sehingga target untuk lebih mempercepat atas penyakit ini bisa tercapai manakala semua pihak punya pemahaman yang sama, menyatukan langkah untuk mencapai tujuan bersama.

“Semoga dengan terbentuknya tim ini bisa mengurangi atau mengeliminasi TBC di Kabupaten Gresik,” ungkapnya.*


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,437PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Pemkab Gresik-Pasar Modal Indonesia, Sediakan 51 Ribu Vaksin untuk Desa

PORTALSURABAYA.COM - Mendukung upaya percepatan vaksinasi bersama Pemerintah Kabupaten Gresik, Pasar Modal Indonesia melalui Self-Regulatory Organization (SRO) yang terdiri dari PT Bursa Efek Indonesia...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR