Sabtu, 1 Oktober 2022 - 01:47:24
27 C
Surabaya

Persebaya Minta Pembatasan Kuota Pemain ke Timnas

PORTALSURABAYA.COM – Persebaya Surabaya meminta PSSI untuk melakukan pembatasan kuota pemain ke Tim Nasional (Timnas). Bajol Ijo menuntut setiap klub mengirimkan maksimal dua pemain untuk Tim Merah Putih di satu event. Permintaan itu secara resmi telah dikirim manajemen Persebaya ke PSSI Senin (31/1/2022).

Permintaan itu terkait gelaran Piala AFF U-23 bulan depan di Kamboja. Ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan Persebaya mengajukan kuota maksimal. Pertama, pelaksanaan Piala AFF U-23 bersamaan dengan jadwal kompetisi BRI Liga 1 yang saat ini digelar di Bali.

Benturan dengan jadwal liga memang masalah lama sepak bola tanah air. Oktober 2021 lalu Persebaya sempat mengajukan penundaan jadwal pertandingan melawan PSIS Semarang karena empat pemain dipanggil Timnas untuk melawan Taiwan, namun PT LIB tidak menggubris.

Persebaya seperti halnya klub lain pun dalam dilema. Melepas pemain terbaik ke Timnas adalah kewajiban untuk negara. Tetapi, di sisi lain,  situasi ini menyulitkan klub karena Liga 1 masih jalan. Apalagi, bulan Februari liga sangat padat, dan itu adalah periode penentuan juara.

Alasan kedua,  situasi  dunia saat ini tengah dalam bayang-bayang gelombang lanjutan penyebaran Covid-19 varian Omicron. Begitu juga dengan negara kita.

Bahkan, saat ini sudah ditemukan beberapa pemain yang terpapar Covid-19. Persebaya sendiri, sudah ada tiga pemain yang terpapar dan tidak bisa tampil pada laga pekan ke-21 lawan PSS Sleman, (29/1/2022).

Sejauh ini,  kendati disiplin dan penerapan protokol kesehatan yang ketat telah dilakukan, tetapi belum ada jaminan kejadian ini akan mereda. Pemain dan ofisial masih rentan untuk terpapar. Bila ini terus berlanjut, sudah pasti akan makin mereduksi kekuatan tim.

”Karena itu, kami mohon PSSI bisa mempertimbangkan permintaan ini. Kami tahu, permintaan ini tidak populer. Tetapi, kondisi yang ada mengharuskan seperti itu,” kata Candra Wahyudi, manajer Persebaya Surabaya dalam keterangan tertulisnya.

”Terkecuali, PSSI dan LIB bisa lakukan sinkronisasi agenda timnas dan kompetisi,” lanjutnya.***


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,504PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Azrul Ananda: Target Tinggi, Tetap Jaga Ekspektasi

PORTALSURABAYA.COM - Di tengah situasi pandemi, Azrul Ananda, Presiden Persebaya Surabaya, tetap mempunyai target tinggi, namun tidak ingin melebihi ekspektasi. Azrul memasang target realistis mengarungi...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR