Sabtu, 1 Oktober 2022 - 02:06:32
27 C
Surabaya

Instruksi Surya Paloh! Nasdem Jatim Gelar Diklatsar Selama 10 Hari untuk Misi Kemanusiaan

PORTALSURABAYA.COM – Partai Nasdem menggelar pendidikan dan pelatihan penyelamatan korban bencana alam (diklatsar) yang diikuti sekitar 161 pemuda dari Barisan Reaksi Cepat (Baret) Rescue DPW NasDem Jatim untuk menjadi regu penolong.

Ketua DPW Partai Nasdem Jatim, Sri Sajekti Sudjunadi menyebut, diklatsar tersebut digelar selama 10 hari — dimulai sejak Jumat, yakni tanggal 2-11 Maret 2022 — di Laguna Wego, Lamongan.

“Sesuai instruksi Ketua Umum Partai Nasdem, Bapak Surya Paloh, kerja-kerja politik harus dibarengi dengan kerja-kerja kemanusian,” ungkap Sri Sajekti Sudjunadi, Rabu (9/3/2022).

Karena itulah, Partai Nasdem menggelar diklatsar bagi para pemuda Nasdem untuk menjadi tim regu penolong. “Sebaik-baiknya manusia adalah dapat memberikan manfaat bagi sesama,” tuturnya.

Dalam diklatsar tersebut, lanjut Sri Sajekti Sudjunadi, ada macam-macam jenis pelatihan yang diberikan instruktur dari Basarnas Jatim, TNI, Polri, BPBD, Orari, rescue satwa hingga PMI.

Digelarnya diklatsar oleh DPW Nasdem Jatim, perempuan yang biasa disapa kakak Jes ini menerangkan, banyak gunung berapi aktif di wilayah Jatim dan berpotensi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan sebagainya. “Jika terjadi musibah atau bencana, maka Partai Nasdem bisa menjalankan misi kemanusiaan,” katanya.

Selama mengikuti pelatihan, peserta diklatsar baret rescue harus bangun pagi-pagi dari tenda barak untuk menjalani latihan fisik. Bukan hanya sekedar berlari di hutan, tetapi juga berenang di telaga sejauh 100 meter untuk melatih otot, termasuk sebagai pelatihan pertolongan korban di air.

Selanjutnya, para relawan ini juga dibawa ke area hutan jati. Mereka berlatih membawa korban dengan menaikkan atau menurunkan korban dari tebing setinggi 20 meter. Termasuk pertolongan di darat, ketika mendapati korban yang sudah tidak dapat bergerak.

Mendekatkan Diri dengan Masyarakat

Terpisah, Wakil Ketua Panitia Diklatsar Baret Rescue Garda Pemuda Nasdem Jatim, Deny Prasetya mengungkapkan, tujuan utama digelarnya diklatsar rescue tersebut sebagai pembelajaran bagi Garda Pemuda Nasdem memahami penanganan teknik dan taktis tentang aksi tanggap bencana baik di darat hingga air.

“Kami tidak mengharapkan ada bencana, tapi kesiapsiagaan dan kewaspadaan wajib dilakukan. Ini salah satu alasan kami menyiapkan relawan yang siap diterjunkan kapan saja. Ini misi kemanusiaan,” ujarnya.

Kegiatan tersebut merupakan terobosan pertama yang dilakukan Nasdem. Terlebih juga atas intruksi Ketum Nasdem, Surya Paloh agar NasDem bisa semakin dekat dengan masyarakat.

“Pelatihan ini bukan terkait simulasi saja, melainkan semacam praktek langsung saat terjadi bencana. Sehingga, mengetahui bagaimana cara assesment dan evakuasi. Apalagi, saat malam hari, kita juga diterpa badai angin kencang. Jadi, latihan sekaligus praktek,” imbuhnya.

Menurut Deny, selama ini jika terjadi bencana maka tim dari NasDem Jatim turun ke lokasi, namun belum memiliki kepemahaman terkait rescue, atau penyelematan secara mendalam.

“Dari pelatihan tersebut, diharapkan relawan semakin memiliki kemampuan dan teknis-teknis sesuai standar penyelamatan,” tandasnya.


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,504PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Genjot Herd Immunity, DPRD Jatim Fraksi PDIP Gelar Vaksinasi di Malang

PORTALSURABAYA.COM - Program serbuan vaksinasi untuk masyarakat terus digalakkan oleh berbagai pihak, satu diantaranya DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang. Kali ini, Sabtu (25/9/2021) pelaksanaan program...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR