Bersama FAG, Gresik Optimis Menuju Kabupaten Layak Anak 2023

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, saat menghadiri dan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba "Kidtion dan Komunitas Anak Gresik (KAG) Videography Kompetition 2022"./ (Foto:Bram/portalsurabaya.com)

PORTALSURABAYA.COMForum Anak Gresik (KAG), diharapkan menjadi wadah partisipasi anak, untuk mendengarkan dan menyuarakan aspirasi, pendapat dan harapan anak. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, saat menghadiri dan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba “Kidtion dan Komunitas Anak Gresik (KAG) Videography Kompetition 2022”.

Kegiatan itu, diselenggarakan Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPP-PA) Kabupaten Gresik bersama Forum Anak dari tanggal 25 Oktober hingga 3 Desember 2022.

“Keberadaan forum anak ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah, untuk mewujudkan partisipasi anak dalam proses pembangunan, “ujar wabup saat sambutan di Aula Mandala Bhakti Praja Kantor Bupati Gresik, Sabtu (3/11/2022).

Menurut wabup, kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas KBPPPA Kabupaten Gresik, dan dipelopori oleh anak-anak ini berjalan sukses dan berhasil.

Ini menunjukkan anak-anak di Kabupaten Gresik sangat kreatif dan ingin maju, disini perlunya Dinas KBPPPA membuat komunitas forum anak. “Sesuai program Nawa Karsa bupati dan wakil bupati, yaitu Gresik Komik (Kolaborasi Milenial Kreatif) dan Gresik Jagoan untuk anak anak muda wira usaha, “paparnya.

Baca Juga:Lahirkan Produk Olahan, Kwarcab Gresik Targetkan Pramuka Produktif

Ada penurunan prevalensi stunting yang luar biasa. Dan tahun 2024 maksimal angka stunting secara nasional ditargetkan di angka 14% sesuai himbauan Bapak Presiden Joko Widodo.

“Saya berharap ini dapat di Kampanyekan oleh forum anak. Tidak hanya melalui video, namun di sekolah-sekolah dan komunitas anak muda lainnya di Kabupaten Gresik, “tegas wabup.

Dikatakan, tahun ini, Kabupaten Gresik yang sudah mendapatkan penghargaan Kabupaten layak anak peringkat Nindya. Termasuk menjadi salah satu dari 321 Kabupaten/Kota di Indonesia yang diberi penghargaan oleh KemenPPPA.

“Tahun 2023 mari kita tingkatkan Kabupaten Gresik sebagai Kabupaten layak anak dari Nindya kita naikkan menjadi Utama, menuju IDOLA (Indonesia Layak Anak),” tutup wabup.

Usai sambutan, Wabup Bu Min didampingi Plt Kepala Dinas KBPPPA Umi Khoiroh menyerahkan hadiah masing kepada juara pemenang lomba KAG Videography Kompetition kepada juara I yang diraih oleh tim Silent Fighter Official, juara 2 diberikan kepada tim Spendanam Official, dan juara 3 kepada tim UPT SMPN 4 Gresik.

Selanjutnya, hadiah diserahkan kepada pemenang lomba dari kategori 1 diberikan kepada juara 1 yang diraih oleh tim MBU TV, juara 2 diberikan kepada tim MovieManSagres, dan juara 3 diberikan kepada tim Niskala.

Selain itu forum anak juga menghadirkan produk WIH ASIK (Wirausaha Anak Gresik) produk lokal buatan anggota forum anak Gresik, yang di dalamnya ada 2 produk, yaitu gantungan kunci dan totebag yang memiliki kualitas tinggi dengan harga yang murah.

Hadir pada kegiatan tersebut, Plt Kepala Dinas KBPP PA Kabupaten Gresik Umi Khoiroh, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Anak dan Pengarusutamaan Dinas KBPP PA Gresik Sri Wahyuni Ambarwati, Lembaga Perlindungan Anak, KPAI, Ketua Forum Anak Gresik Putria Marsha Naura dan Anggota.*

Artikulli paraprakLahirkan Produk Olahan, Kwarcab Gresik Targetkan Pramuka Produktif
Artikulli tjetërRatusan Anggota Pramuka Berkebutuhan Khusus Gresik Ikuti Jambore Luar Biasa