Sabtu, 1 Oktober 2022 - 01:37:00
27 C
Surabaya

Belum Terima Pelimpahan, Dishub Gresik Tidak Berwenang Rawat PJU Solar Cell

PORTALSURABAYA.COM – Ada sekitar 10 ribu Penerangan Jalan Umum (PJU) berbasis listrik yang tersebar di seluruh Kabupaten Gresik. Sejak tahun 2021, Dinas Perhubungan (Dishub) memegang kendali perawatan PJU listrik, dimana sebelumnya berada di bawah tanggungjawab Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR).

Kepala Bidang (Kabid) Tata Kelola Sarana dan Prasarana Dishub Gresik, Eko Winardi membenarkan jika PJU khususnya yang berbasis listrik sudah menjadi tanggungjawab Dishub mulai tahun 2021 ini. Sementara PJU berbasis Solar Cell (tenaga Surya) masih dalam tanggungjawab pusat.

“Kami hanya bertanggungjawab pengelolaan dan perawatan PJU berbasis listrik, sedangkan PJU berbasis Solar Cell atau tenaga surya masih dalam tanggungjawab perawatan pusat,” ujar Eko, Rabu (22/9/2021).

Eko Winardi menjelaskan untuk PJU berbasis Solar Cell Dishub tidak memiliki kewenangan merawat sebab hibah dari pusat. Sementara saat pelimpahan, PJU Solar Cell masih di bawah tanggungjawab pihak DPUTR.

“Kami tidak bertanggungjawab PJU berbasis Solar Cell, karena itu hibah dari pusat dan saat itu masih dipegang DPUTR. Jadi untuk PJU Solar Cell tidak ada informasi dari pusat untuk perawatan, selain itu juga lebih mahal perawatanya dari PJU biasa,” katanya.

Lebih lanjut, Eko menerangkan karena untuk PJU Solar Cell bukan kewenangan dari Dishub Gresik, jadi pihaknya tidak tahu menahu soal perawatan dan sebagainya. Selain itu, tidak ada dokumen tertulis dari pusat terkait perawatannya.

“Kita tidak sampai kesana dan tidak menyentuh karena itu tidak ada kaitannya dengan Dishub, tidak ada surat dari pusat terkait pemeliharaan PJU Solar Cell. Jika nanti ada surat dari pusat untuk pelimpahan pengelolaan baru merawat dan pemeliharaannya,” jelasnya.

Sementara itu salah satu staff bagian sarana dan prasarana Dishub Gresik, Ainnul Rofiq Al Hanif mengatakan, bahwa terkait PJU Solar Cell itu hibah dari kementerian pusat dan waktu itu masih di DPUTR.

Sedangkan total keseluruhan dari PJU Solar Cell yang ada di seluruh Gresik, dirinya belum mengetahui secara detail berapa jumlahnya.

“Spesifiknya kami belum tahu, karena waktu hibah itu masih ditangani oleh DPUTR,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Hanif menjelaskan jika data yang ada di Dishub, PJU listrik di Kabupaten Gresik ada sebanyak 10 ribu yang terpasang di jalan kabupaten dan jalan poros desa termasuk pulau Bawean. Sementara PJU Solar Cell hanya terpasang di jalan nasional.

“PJU listrik ada 10 ribu terpasang di seluruh jalan Kabupaten dan jalan poros desa, termasuk di Bawean. Untuk PJU Solar Cell saat ini masih belum ada dokumen atau berkas resmi untuk pemeliharaan kepada Dishub Gresik,” kata Hanif.*

 


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,504PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Habis Vaksin, Siswa SD di Gresik Diajak Keliling Naik Mobil Patroli Polisi

PORTALSURABAYA.COM - Cara unik dilakukan pihak kepolisian untuk menyenangkan dan mengajak siswa untuk vaksinasi. Seperti yang dilakukan Polsek Manyar ini, setelah vaksinasi, siswa diajak...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR