Selasa, 6 Desember 2022 - 20:55:03
27 C
Surabaya

Tingkatkan Derajat Kesehatan, Pemkab Gresik Sabet Penghargaan Pemprov Jawa Timur

PORTALSURABAYA.COM – Pemerintah Kabupaten Gresik terus berkomitmen meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Termasuk penanggulangan timbulnya masalah kesehatan hingga pencegahan serta berbagai kebijakan strategis di bidang kesehatan merupakan prioritas utama pemerintahan pasangan Bupati-Wakil Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah.

Atas komitmen Pemkab Gresik ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemkab Gresik. Tak tanggung-tanggung, Pemkab Gresik menerima tiga penghargaan sekaligus.

Penghargaan diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Andy Karyono kepada Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah di puncak Hari Kesehatan Nasional ke-58 di Banyuwangi, Selasa (15/11/2022).

Tiga penghargaan itu memiliki kategori yang berbeda, di antaranya Kabupaten Dengan Inovasi Penggerakan Sasaran Pelaksanaan Imunisasi Tambahan MR (BIAN) dengan pelibatan berbagai lintas sektor, mitra (Pentahelix) serta perusahaan (CSR).

Kemudian Kabupaten Gresik sebagai daerah di Jawa Timur yang telah mencapai Universal Healt Coverage (UHC). Dan Kabupaten Gresik dinyatakan lolos verifikasi Kabupaten Sehat Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Dukung Ganjar Capres 2024, HISNU Deklarasi di Ujungpangkah Gresik

Usai menerima penghargaan, Wabup Gresik yang akrab disapa Bu Min menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada Pemkab Gresik. Ia mengatakan bahwa urusan kesehatan masyarakat merupakan hal yang sangat penting. Sebab, kesehatan menjadi salah satu indikator keberhasilan utama pembangunan.

“Pemberian imunisasi BIAN kepada balita yang kami lakukan juga sebagai salah satu upaya meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat. Kemudian pelaksanaan UHC juga sudah kita terapkan di Kabupaten Gresik. Kita layani masyarakat dengan sepenuh hati dan dengan pelayanan yang prima,” kata Bu Min.

Disamping itu, lanjut Bu Min, pelayanan kesehatan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan masyarakat. Ia juga berharap agar Dinkes tak bosan-bosan memberikan pemahaman dan edukasi atas pentingnya menjaga kesehatan dan pencegahan terhadap penyakit.

“Sebab keberadaan fasilitas kesehatan sangat menentukan dalam pelayanan pemulihan kesehatan, pencegahan terhadap penyakit, pengobatan dan keperawatan serta kelompok dan masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan. Yang tak kalah penting juga adalah edukasi kepada masyarakat, saya minta Dinkes tidak bosan-bosan memberikan edukasi,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dr. Mukhibatul Khusnah menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas bimbingan Bupati-Wakil Bupati Gresik yang sangat peduli terhadap kesehatan masyarakat. Ia mengatakan, Dinkes Gresik menjalankan komitmen yang telah diamanatkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Gresik, utamanya demi kepentingan masyarakat.

“Insha Allah komitmen Pemerintah Kabupaten Gresik terhadap pelayanan kesehatan akan terus kami tingkatkan,” jelasnya.*

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

0FansSuka
3,597PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Keselamatan Pemudik, Dishub Gresik Gelar Tes Narkoba bagi Sopir

PORTALSURABAYA.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik menggelar cek kesehatan dan tes urine kepada sopir angkutan bus dan angkutan kota. Tes ini bertujuan untuk...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR