Terinspirasi Ganjar Pranowo, Komunitas Nelayan Renovasi Perahu hingga Bagi-bagi Sembako di Madura

PORTALSURABAYA.COM – Terinspirasi sikap Ganjar Pranowo yang peduli pada nasib wong cilik, komunitas nelayan pesisir Jawa Timur (Jatim) menggelar aksi sosial di Desa Ambunten Timur, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep, Madura, Selasa (17/1/2023).

Para pendukung Ganjar itu merenovasi perahu hingga membagikan ratusan sembako kepada nelayan, keluarga nelayan, dan masyarakat setempat yang membutuhkan.

Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Jatim, Sutriyadi menjelaskan, renovasi perahu dilakukan untuk mendukung kegiatan ekonomi nelayan di Desa Ambunten. Harapannya, para nelayan bisa nyaman dan aman menangkap ikan dengan perahu yang layak.

“Dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa terbantu. Dengan potensi laut yang ada, karena Madura adalah daerah pesisir, kita bisa meningkatkan sumber daya ekonomi mereka ke depan,” kata Sutriyadi di lokasi kegiatan.

Sutriyadi menegaskan, jika kegiatan yang dilakukan ini karena terinspirasi kepedulian Ganjar terhadap kaum nelayan. Sehingga pihaknya mantap untuk turut mensosialisasikan keberhasilan politikus asal PDIP itu membangun Jawa Tengah (Jateng).

Baca juga: Dukung Ganjar Pranowo Presiden di 2024, Nyai dan Ning Hisnu Jatim Ikut Turun Gunung!

“Artinya dari kegiatan ini kami ingin menerjemahkan apa yang menjadi karakteristik dari seorang Pak Ganjar yang dekat dengan masyarakat yang ada di daerah-daerah, dan mereka yang masuk kalangan menengah ke bawah,” katanya.

Selain merenovasi perahu dan membagikan ratusan sembako, komunitas nelayan persisir Jatim juga menggelar senam bersama dan membersihkan sampah di pesisir pantai.

Melalui kegiatan ini, Sutriyadi berharap nelayan semakin solid dan sadar akan kebersihan lingkungan. “Kami juga ingin menumbuhkan kesadaran bagi setiap masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar, terutama pinggir laut ya agar bebas dari sampah,” harapnya.

“Kami juga meningkatkan solidaritas dengan gotong royong dalam mengatasi segala permasalahan yang ada di sekitar,” sambung Sutriyadi.

Sementara Ketua Paguyuban Nelayan Desa Ambunten Timur, Saidi berterima kasih kepada komunitas nelayan pendukung Ganjar Pranowo tersebut. Ia berharap, kegiatan serupa juga dapat digelar di wilayah-wilayah lain.

“Sangat dibutuhkan ya, melihat situasi pasca Covid-19 yang melanda di desa kami, otomatis daya beli masyarakat turun. Jadi renovasi perahu dan pembagian sembako ini sangat bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat dan nelayan di tempat kami,” tandasnya.

Artikulli paraprakDukung Ganjar Pranowo Presiden di 2024, Nyai dan Ning Hisnu Jatim Ikut Turun Gunung!
Artikulli tjetërPersebaya Lumat Persita 5 Gol tanpa Balas