Rabu, 5 Oktober 2022 - 19:52:30
27 C
Surabaya

Pangdivif 2 Kostrad Beri Penghargaan Prajurit Berprestasi 503 Mayangkara

PORTALSURABAYA.COM – Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Andi Muhammad S.H memberikan penghargaan kepada prajurit Yonif Para Raider 503/Mayangkara yang telah berhasil dalam penugasan yang tergabung dalam Satgas RDB Monusco Kongo 39-B.

Penyerahan piagam penghargaan dan penyematan pin Vira Cakti Yudha dilaksanakan di Lapangan 1, Yonif Para Raider 503/Mayangkara, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Rabu (26/1/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Jajaran Forkopimda Kabupaten dan Kota Mojokerto. Diantaranya, Bupati Mojokerto, Kapolres dan Kapolresta Mojokerto, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Ketua Pengadilan Negeri Mojokerto serta Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Mojokerto.

Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Andi Muhammad S.H dalam arahannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit Yonif Para Raider 503/Mayangkara atas dedikasi yang telah diberikan sehingga dapat menjaga nama baik satuan dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata dunia.

“Banyak capaian membanggakan yang diraih para prajurit 503 Mayangkara selama bertugas di Kongo tahun 2019 hingga 2021 kemarin,” ungkapnya.

Prestasi tersebut antara lain berhasil mendapatkan 145 pucuk senjata organik, menurunkan 359 milisi bersenjata, melaksanakan pembebasan sandera dan mengevakuasi para pengungsi.

“Mereka juga berhasil menyelamatkan warga dari serangan kelompok milisi bersenjata serta mendamaikan konflik antar suku antar provinsi di wilayah penugasan,” tukasnya.

Pangdiv menyebut, misi penurunan milisi bukanlah tugas yang mudah. Tapi dengan pendekatan yang luar biasa kepada para tokoh milisi akhirnya misi tersebut berhasil terlaksana dengan baik, hingga bisa menurunkan ratusan orang.

“Ini sangat luar biasa sehingga pantas menyandang sebagai prajurit berprestasi dengan menerima penyematan pin dan piagam penghargaan,” tukasnya.

Pada kesempatan tersebut, Pangdivif 2 Kostrad juga meresmikan gereja Santo Mikhael Yonif Para Raider 503/Mayangkara. Gereja yang merupakan tempat ibadah umat Nasrani terbesar di Kabupaten Mojokerto tersebut dibangun untuk memudahkan prajurit yang beragama Nasrani dalam melaksanakan ibadah.

“Betul sekali, kami membangun Gereja Santo Mikhael ini untuk memudahkan seluruh prajurit Yonif Para Raider 503/Mayangkara dan masyarakat yang ingin beribadah dengan rasa aman dan nyaman,“ ucapnya.

Sementara itu, usai pemberian piagam penghargaan dan penyematan pin Vira Cakti Yudha, dilakukan acara foto bersama dan penanaman pohon.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut diakhiri dengan acara makan bersama Pangdivif 2 Kostrad dan seluruh prajurit Yonif Para Raider 503/Mayangkara yang bertempat di Ruang Makan Sumarlan. Pada kesempatan itu, beliau juga menyampaikan hal ini harus dilakukan secara terus menerus untuk memupuk tali persaudaraan antar prajurit dan dapat dijadikan contoh bagi satuan jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad. (Susan)


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,511PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Dampak Refokusing Anggaran, Siswa SMPN 2 Puri Mojokerto Belajar di Sekolah SD

PORTALSURABAYA.COM - Refokusing anggaran COVID-19 di Kabupaten Mojokarto berdampak pada ratusan pelajar SMP Negeri 2 Puri, Kabupaten Mojokerto. Mereka terpaksa menumpang tempat belajar lantaran...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR