Minggu, 2 Oktober 2022 - 00:22:27
27 C
Surabaya

Kloter 38 telah Tiba, Tuntas sudah Pemulangan Jemaah Haji

PORTALSURABAYA.COM – Kelompok Terbang (Kloter) terakhir jemaah haji dari Embarkasi Surabaya telah tiba di Bandar Udara (Bandara) International Juanda, Sabtu (13/8/2022).

Kloter 38 selanjutnya menuju ke Asrama Haji Debarkasi Surabaya dan tiba pada pukul 11.17 WIB dengan membawa sejumlah 244 jemaah haji asal Jawa Timur dan petugas.

Dari Medinah, Kloter 38 yang menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 5042 transit terlebih dahulu di Bandara Palembang untuk memulangkan jemaah haji dari Embarkasi Palembang.

Dengan kedatangan Kloter 38, maka usai sudah operasional pemulangan jemaah haji di Asrama Haji Debarkasi Surabaya.

“Hingga Kloter 38, Asrama Haji Debarkasi Surabaya telah menerima dan memproses kepulangan jemaah haji sejumlah 16.809 orang jemaah dan petugas. Dengan rincian 7807 pria dan 9002 wanita,” jelas Abdul Haris, Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya.

Haris juga menjelaskan, terdapat 23 orang jemaah haji wafat dan dimakamkam di Arab Saudi. Tercatat, 7 orang wafat pra armuzna, 5 orang pada masa armuzna, dan 11 orang pasca armuzna.

Sampai dengan keberangkatan Kloter terakhir ini, masih ada 3 orang jemaah haji yang sakit dan dirawat di RSAS. Yaitu jemaah haji asal Tulungagung, Pamekasan, dan Kota Surabaya.

Haris juga mengungkapkan, bersinergi dengan Pemerintahan Provinsi Jawa Timur, Satgas Covid-19 Jatim, Kanwil Hukum dan HAM Jatim, Dinas Kesehatan Jatim, Kanwil Kemenag Jatim, KKP Kelas I Surabaya, Kantor Otoritas Bandara Juanda, Bea Cukai Juanda, PT. Angkasa Pura, BPBD Jatim, TNI/POLRI, RS Haji Surabaya, Asrama Haji Surabaya dan PT. Damri pelaksanaan penerimaan jemaah haji di Asrama Haji Debarkasi Surabaya berbeda dengan tahun sebelumnya.

Terutama dengan adanya pantauan kesehatan dengan thermal scanner dilanjutkan dengan swab antigen. Pelaksanaan ini dilaksanakan untuk pencegahan peningkatan Covid-19.

Tercatat pada gelombang pertama, Kloter 1 sampai dengan 20 terdapat 36 jemaah haji terkonfirmasi positif Covid-19. Pada gelombang kedua, Kloter 21 sampai dengan 38 terdapat 6 orang.

Seluruh jemaah terkonfirmasi positif ini telah kembali ke daerah masing-masing. Sementara itu, tercatat 1 orang dari Kloter 33 yang masih sakit dan dirawat di RS Haji Surabaya.***


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,506PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Kali Kedua, Pemkab Gresik Raih Penghargaan Kesetaraan Gender Nasional

PORTALSURABAYA.COMĀ - Penghargaan demi penghargaan tingkat nasional terus diterima Kabupaten Gresik. Kali ini penghargaan datang dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia atasĀ ...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR