Dua Pelajar SMA 1 Gresik Terpilih Menjadi Duta GenRe Gresik 2022

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Wakil Bupati Aminatun Habibah saat penganugerahan Duta GenRe Gresik 2022, Muhammad Zykky Karamy dan Putri Syailah Ramadhani pelajar SMA negeri 1 Gresik. (Foto:Bram/portalsurabaya.com)

PORTALSURABAYA.COM – Muhammad Zykky Karamy dan Putri Syailah Ramadhani pelajar SMA Negeri 1 Gresik dinobatkan sebagai Duta GenRe Gresik 2022. Keduanya terpilih dalam pemilihan Duta GenRe yang diselengarakan Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Kabupaten Gresik.

Kegiatan Grand Final Pemilihan Duta GenRe digelar di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), Minggu (13/11/2022). Hadir dalam acara ini Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Didampingi Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman, Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani.

Grand Final pemilihan duta GenRe (Generasi Berencana) tahun 2022 ini merupakan, agenda tahunan dan jadi program linier dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya mengatakan, duta GenRe merupakan pelaku perubahan, generasi yang kaya kreatifitas, mempunyai rencana yang sangat besar demi kemajuan bangsa.

“Saya berharap tidak berhenti sampai disini, namun segera turun langsung ke desa dan sekolah, untuk menjadi agen perubahan, grand final ini menjadi awal kesuksesan kalian,” ungkap Bupati yang akrab disapa Gus Yani itu, Minggu (13/11/2022).

Baca Juga: Polres Gresik Optimalkan Pamor Keris Cegah Penyebaran Covid Varian Baru

Gus Yani menambahkan, setelah ini jangan sampai redup, namun turun memberikan motivasi kepada remaja. Dalam mensosialisasikan pencegahan pernikahan dini, menurunkan angka stunting dan bahaya penggunaan Narkoba.

“Harus benar-benar menjadi sosok anak muda yang teladan, mampu bekerjasama, mempunyai nilai luhur budi pekerti yang baik dan cepat dalam merespon,” kata bupati.

Gus Yani, juga mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya dapat memberikan support terhadap program “Bangga Kencana” (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana).

“Duta GenRe harus dapat memberikan informasi kepada generasi muda, terkait program Bangga Kencana, serta mampu membantu menurunkan angka stunting,” tandasnya.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK yang sekaligus Bunda GenRe Kabupaten Gresik, Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani mengucapkan selamat kepada finalis dan selamat bergabung dalam keluarga GenRe Kabupaten Gresik.

“Semoga dapat meningkatkan semangat dan komunikasi, dalam pelaksanaan Bangga Kencana, khususnya dalam percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Gresik,” harapnya.

Dikatakan, sasaran penurunan angka stunting dari hulu, tahun depan anak muda bukan hanya menjadi obyek penurunan angka stunting. Tetapi juga menjadi subyek, anak muda menjadi pemangku pencegahan terjadinya hubungan dan pencegahan stunting.

“Keterlibatan duta GenRe diharapkan menjadi warna baru dalam gerakan penurunan stunting serta bisa mensosialisasikan kepada generasi muda untuk ke arah yang lebih baik,” terangnya.

Ia berharap, duta GenRe juga bisa ikut berpartisipasi dalam mensukseskan program pemberdayaan perempuan dan anak. “Selain itu juga membantu program pemerintah lainnya, untuk menjadikan Kabupaten Gresik yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan, Dandim 0817/Gresik Ahmad Saleh Rahanar, mewakili Kaper (Kantor Perwakilan) BKKBN Provinsi Jawa Timur Uni Hidayati, Dirut BUMD Gresik, Camat dan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Gresik.*

Artikulli paraprakPolres Gresik Optimalkan Pamor Keris Cegah Penyebaran Covid Varian Baru
Artikulli tjetërWabup Gresik Harap Muslimat – Fatayat Bersatu Jadi Solusi Masalah