Sehat

Departemen Patologi Klinik FK Unair Edukasi Pencegahan dan Pengendalian Infeksi pada Nakes di Bangkalan

Jokoasd2q13asdas
×

Departemen Patologi Klinik FK Unair Edukasi Pencegahan dan Pengendalian Infeksi pada Nakes di Bangkalan

Sebarkan artikel ini
pengmas-pato-2-768x512
Departemen Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) edukasi pencegahan dan pengendalian pada infeksi nakes di Bangkalan, Rabu (3/8/2022) lalu. Foto: Departemen Patologi Klinik FK Unair

PORTALSURABAYA.COM – Meski pandemi Covid-19 sudah reda, kewaspadaan tetap perlu diperhatikan. Oleh sebab itu, Departemen Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) menggelar pengabdian masyarakat bagi tenaga kesehatan se-Kabupaten Bangkalan.

Bertempat di Aula Hotel Ningrat Bangkalan, kegiatan itu mengusung tema Edukasi Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di dalam Pemeriksaan Spesimen Covid-19 bagi Petugas Kesehatan Kabupaten Bangkalan.

dr. Yulia Nadar Indrasari SpPK, Ketua Pelaksana menjelaskan, bahwa kegiatan itu ditujukan untuk meningkatkan skill petugas kesehatan yang ada di Kabupaten Bangkalan.

“Pemilihan tempat di Kabupaten Bangkalan juga tidak bisa terlepas dari pengalaman pada saat pandemic bahwa Bangkalan pernah menjadi salah satu wilayah dengan kasus yang cukup tinggi,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Jum’at (12/8/2022).

Dr. dr. Yetty Hernaningsih SpPK(K), Kepala Departemen Patologi Klinik FK Unair menjelaskan, bahwa pengabdian yang dilakukan diharapkan bisa memberikan banyak manfaat. Terlebih bekal dan wawasan untuk tetap mengantisipasi perkembangan Covid-19 ke depan.

“Meski Covid-19 sudah reda, tapi materi yang diberikan tetap menjadi bekal untuk tetap antisipasi selanjutnya. Mengingat beberapa daerah juga mengalami kenaikan. Untuk itu besar harapan kami acara ini bisa memberikan manfaat dan bekal wawasan baru,” jelas Dr. dr. Yetty Hernaningsih SpPK(K).

Untuk itu, pengabdian masyarakat yang dikonsep dengan pemberian materi dan diskusi itu dapat menjadi ajang untuk saling bertukar pengalaman.

“Kami juga berharap program ini bisa berkesinambungan antara Departemen Patologi Klinik FK UNAIR dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Indah Wahyuni SE MKes, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan, melaporkan perihal penanganan Covid-19 di Bangkalan.

Menurutnya, pihaknya terus bergotong royong untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19. Pihaknya juga mendorong vaksinasi bisa terlaksana dengan maksimal di masyarakat Bangkalan.

“Semua berkat kerja keras para nakes dan dengan adanya kegiatan ini kami sambut dengan baik mengingat bisa menjadi bekal para nakes dan pengetahuan nakes di wilayah Kabupaten Bangkalan dalam rangka upaya peningkatan pelayanan pengendalian Covid-19,” tuturnya.

Dewi Puspitasari SSt, yang merupakan tenaga kesehatan Puskesmas Banjar merespon baik kegiatan itu. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan oleh Departemen Patologi Klinik FK Unair bisa menjadi bekal yang baik bagi para nakes.

“Sangat bagus dalam memberi wawasan dan bekal kita semua untuk menghadapi dampak pandemi ke depan,” tandas Dewi Puspitasari.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *