Sabtu, 3 Desember 2022 - 20:39:01
27 C
Surabaya

Rakernas dan Pelantikan DPP Apdesi Kabupaten Malang 2021 – 2026, Ini Harapannya

PORTALSURABAYA.COM – Pengurus Bidang Pariwisata dan Lingkungan Hidup Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Malang mendapatkan kesempatan istimewa. Karena dapat hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Apdesi periode 2021 – 2026 di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen Senayan, Sabtu (27/11/2021).

Pelantikan dan Rakernas DPP Apdesi Periode 2021-2026 kali ini mengambil tema ‘Membangun Indonesia dari Desa’.

“Kegiatan pelantikan dan Rakernas itu dihadiri banyak pejabat tinggi negara, seperti Menteri Dalam Negeri Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian, Deputi Bidang Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) MPR Ma’ruf Cahyono, serta Ketua Umum Apdesi 2021 – 2026 H. Surta Wijaya,”
ungkap Kepala Desa Tumpukrenteng, Kecamatan Turen, Helmiawan Khodidi yang turut hadir dalam acara tersebut, saat dikonfirmasi, Minggu (28/11/2021).

Didik -sapaan akrab Helmiawan Khodidi- menuturkan dalam rakernas tersebut, Sekretaris Jenderal MPR RI, Ma’ruf Cahyono menyampaikan, kedepan desa-desa akan menjadi kawasan terbuka masuknya globalisasi dan kemajuan teknologi.

“Kemarin (Sabtu 27/11/2021) beliau (Sekjen MPR Ma’ruf Cahyono) berpesan, kita harus menjaga dan melindungi nilai-nilai kearifan lokal harus agar tidak tergeser dan tersisihkan oleh laju roda zaman,” jelasnya.

Untuk itu, Didik menilai perlu adanya implementasi program pengembangan potensi desa mengarah pada mewujudkan desa wisata agro, desa industri, dan desa digital di Kabupaten Malang.

“Kami, Pengurus Bidang Pariwisata dan lingkungan hidup datang mewakili Kabupaten Malang,” terangnya.

Selain itu, beberapa harapan Apdesi terhadap pemerintah, khususnya Mendagri agar pengembangan potensi desa dan mempertahankan kearifan lokal, serta sumber-sumber daya desa lebih maju, diperlukan adanya penambahan anggaran.

“Kami berharap, apa yang pernah dijanjikan Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo) yaitu dana DD 5 persen untuk kegiatan operasional desa segera bisa diwujudkan,” kata pria yang juga ikut dilantik sebagai pengurus DPP Apdesi bidang pariwisata dan lingkungan hidup itu.

Dengan begitu, lanjut Didik, kesejahteraan Pemerintah Desa (Pemdes) dan lembaga desa dapat lebih diperhatikan, karena Pemdesa dan lembaga tersebut memiliki peranan penting dalam menunjang kesuksesan pemerintahan nasional secara luas, dan desa menjadi garda terdepan dalam menggapai keberhasilan dari segala urusan dan program pemerintah.

“Pemdes memiliki peran penting dalam pembangunan nasional, kami berharap 5 persen dana desa yang dialokasikan ke desa-desa segera terealisasi,” bebernya.

Selain itu, tambah Didik, para kepala desa meminta untuk memakai lambang Garuda dalam stempel desa, dan permasalahan hukum tentang kewenangan mengelola dan menggunakan dana desa untuk pembangunan desanya ditangani oleh Aparat Pengawas Internal Pemerintah.

“Untuk menunjang itu semua teman-teman Kades (Kepala Desa) juga meminta hak priogratif Kades tentang pemberhentian perangkat desa agar dipatenkan. Bahkan, untuk pencalonan Kades dalam pemilu baik legeslatif, para Kades di berikan cuti bukan harus mundur dari jabatannya Kades,” pungkasnya.* (Imron Haqiqi)

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

0FansSuka
3,589PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Wabup Gresik Hadiri Internasional Women 20, Bahas Ekonomi Inklusi dan Kesetaraan Gender

PORTALSURABAYA.COM - International Women 20 (W20) dipusatkan di Kota Batu, Jawa Timur. Kegiatan berskala dunia tersebut dihadiri Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Chairman W20...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR

5 Desember 2022 Liga 1 Dilanjutkan

Pra Diklat UKM Ciphoc Unitomo

Tim Karate Jatim Targetkan Dua Emas di Ajang PON XX Papua