Sabtu, 1 Oktober 2022 - 03:13:58
27 C
Surabaya

Lomba Kampung KB Gresik, Monitoring serta Evaluasi Pembangunan Keluarga

PORTALSURABAYA.COM – Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah hadir di acara penganugerahan Juara Lomba Kampung KB (Keluarga Berkualitas) sekaligus peringatan hari kontrasepsi sedunia tahun 2021 yang diadakan oleh Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (KBPPA) di Gress Mall, Kamis (23/9/2021).

Kepala Dinas KBPPA, drg. Saifuddin Ghozali menyebut ajang lomba kampung KB tingkat kabupaten ini diadakan setiap tahun sejak 2019. Untuk tahun ini diikuti sebanyak 14 kecamatan sekabupaten Gresik.

“Pelaksanaan lomba KB tingkat kabupaten telah memasuki tahun ke 3. Selain harus memenuhi administrasi, kampung KB juga harus memiliki capaian program bangga kencana dan masyarakat harus berpartisipasi aktif serta memiliki program inovasi sendiri,” ujar Ghozali.

Ia menambahkan, hal yang melatar belakangi Lomba KB (keluarga berkualitas) ini diselenggarakan dalam rangka memonitoring dan evaluasi serta sebagai sarana pengukuran kinerja dan kompetisi bagi pelaksanaan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana.

“Lomba KB ini untuk memonitoring serta evaluasi pembangunan keluarga, keluarga berencana serta kependudukan,” ungkap mantan Kadinkes ini.

Sementara itu, Wabup Gresik yang biasa di sapa Bu Min itu menyampaikan dukungannya terhadap program yang diselenggarakan oleh Dinas KBPPA.

“Mudah-mudahan ini akan memotivasi kita semua untuk menjadikan kampung yang sehat. Menjadikan anak-anak yang berkualitas,” ujarnya.

Bu Min melanjutkan masyarakat harus peduli kesehatan anak-anak. Bersama-sama membantu perkembangan balita untuk menjadi sehat. Dengan begitu, bisa tumbuh menjadi anak-anak yang membanggakan kabupaten ini.

“Kita yang peduli dengan kesehatan anak-anak mari kita bersama-sama membantu balita untuk menjadi sehat, sehingga adanya lomba kampung KB ini sekaligus nanti kita membantu anak- anak dikampung kita untuk menjadi anak-anak yang bisa membanggakan kabupaten Gresik,” ucapnya.

Terlebih era pandemi seperti saat ini, Bu Min ingin agar kampung keluarga berkualitas juga mempunyai peran didalam pencegahan dan penanganan covid-19.

“Dengan kampung yang berkualitas dan sehat, akan memiliki peran yang signifikan dalam pencegahan serta peran penanganan pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Dalam lomba tersebut, pemenang lomba kampung KB di kabupaten GresikĀ  juara 1 diraih oleh kampung KB Rukun Guyub dari Desa Bunderan Kecamatan Sidayu.

Juara 2 diraih oleh kampung KB Tenaru Sejahtera dari Desa Tenaru Kecamatan Driyorejo dan juara 3 diraih oleh kampung KB Terajana dari desa Tanjangawan Kecamatan Ujung pangkah.*


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,504PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

PD DMI Gelar Pelatihan dan Pembinaan Imam Masjid se-Kabupaten Gresik

PORTALSURABAYA.COM - Pengurus Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Gresik, gelar Kegiatan pelatihan dan pembinaan imam masjid se Kabupaten Gresik di masjid Agung,...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR