Sabtu, 2 Juli 2022 - 09:40:43
27 C
Surabaya

Semifinal Sepak bola SEA Games, Aji Santoso Yakin Indonesia Menang atas Thailand

PORTALSURABAYA.COM – Thailand akan menjadi batu sandungan Indonesia dalam usahanya melangkah ke babak final cabang olah raga sepak bola pria di Sea Games 2021 Vietnam. Tim Gajah Putih kerap menyulitkan Tim Garuda saat bersua di ajang ini.

Namun tak ada yang tak mungkin. Sudah saatnya Indonesia menundukkan hegemoni dari Thailand. Usaha keras dan keyakinan menjadi kunci laga nanti sore.

Duel Timnas Indonesia vs Thailand pada semifinal SEA Games 2021 akan berlangsung di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022) pukul 16.00 WIB.

Melawan Thailand sore nanti, tak ada jalan lain bagi Indonesia selain bermain dengan disiplin, meminimalisir kesalahan sendiri maupun tim, penuh keyakinan dan tidak canggung.

Sebagai mantan pemain Timnas sekaligus mantan pelatih, Aji Santoso turut angkat bicara terkait peluang Timnas Indonesia pada laga semifinal tersebut.

“Saya pikir peluangnya lebih besar daripada pertandingan Piala AFF di Singapura. Karena ada beberapa pemain inti (Thailand), seperti gelandang yang main di Jepang tidak ada dalam tim. Bek kiri mereka juga tidak ada dalam tim. Kayaknya ini peluangnya lebih besar daripada pertandingan Piala AFF lalu,” jelas pelatih Persebaya Surabaya ini.

Menurut pengamatan Aji, materi Timnas Indonesia yang saat ini berlaga di SEA Games Vietnam, selama periode 20 tahun terakhir menjadi yang paling bagus.

“20 tahun terakhir, materi pemain sekarang ini paling bagus. Banyak pemain yang main di luar negeri, pemain-pemain di dalam negeri juga kualitasnya pada kompetisi kemarin menonjol, ada juga naturalisasi. Jadi menurut saya the best selama periode 20 tahun terakhir,” paparnya.

Aji bahkan menegaskan tak tertutup kemungkinan Timnas Indonesia akan bisa mengulang memori indah SEA Games 1991 dimana kala itu Timnas Indonesia sukses meraih medali emas.

“Kenapa tidak? Bisa saja, apalagi mental pemain Indonesia saat ini dalam kondisi yang bagus setelah beberapa kali menang. Mudah-mudahan bisa mengalahkan Thailand,” tukasnya.

Dengan materi pemain yang ada saat ini dan kondisi mental pemain yang bagus, Aji cukup berharap Timnas Indonesia lolos ke babak final dan meraih gelar juara.

“Kalau tidak sampai juara dan tidak sampai final kan sangat disayangkan. Artinya tidak ada bedanya dengan SEA Games yang lalu-lalu dan yang terakhir kan sama coach RD (Rahmad Darmawan) ke final. Seharusnya dengan materi pemain yang Timnas punya saat ini, seharusnya ada peluang untuk juara. Mudah-mudahan saja,” tutur peraih gelar pelatih terbaik Liga 1 musim 2020/2021 ini.

Sebagai catatan, Aji Santoso pernah menjadi Pelatih timnas U-22 pada tahun 2012 dan menjadi asisten pelatih U23 pada tahun 2011 sampai tahun 2013 mendampingi Rahmad Darmawan. Kemudian Aji Santoso menangani timnas U23 pada tahun 2014 sampai tahun 2015.

Dalam catatan Strats Rawon, dalam 5 gelaran Sea Games terkahir, masing-masing negara mencatatkan 2 kali kemenangan dan sekali seri.

Sea Games 2011 Indonesia unggul 3-1 atas Thailand, 2013 ganti Thailand menang 4-1. Pada 2015 Thailand menang besar 5-0.

Di 2017 kedua tim berbagi skor 1-1, baru pada 2019 Indonesia menang lagi 2 gol tanpa balas.***


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,376PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Kandaskan Wakil Rusia, Anthony Ginting Maju Fase Gugur Olimpiade Tokyo

PORTALSURABAYA.COM - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, melaju ke babak gugur Olimpiade 2020 Tokyo. Ini setelah pada laga terakhir babak penyisihan...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR