Minggu, 3 Juli 2022 - 18:01:15
27 C
Surabaya

Nasi Ayla, Nasi Tiga Rasa Khas Timur Tengah Nikmat untuk Buka Puasa

PORTALSURABAYA.COM – Selain masakan khas Nusantara, masakan khas Timur Tengah sering kali menjadi pilihan santapan berbuka puasa saat Ramadan.

Al Izzah Arabian Resto adalah salah satu restoran di Surabaya yang menawarkan masakan khas Timur Tengah sebagai menu buka puasa.

Berada di kawasan wisata religi Ampel, resto ini menyajikan sederet menu khas Timur Tengah yang cocok disantap saat berbuka. Di antaranya nasi mandhy kambing, mandhy ayam, biryani kambing, biryani ayam, kebuli kambing, kebuli ayam, kebuli original, gule maryam, nasi goreng kambing, dan menu kuliner lainnya.

“Ada juga nasi kabsah. Yang istimewa kami menyajikan nasi Ayla, merupakan nasi tiga rasa khas Timur Tengah,” ujar Nikmatul Izzah, pemilik resto Al Izzah, Kamis (14/4/2022).

Nasi Ayla, lanjut Izzah, merupakan menu khas resto miliknya yang baru dibuka pada pertengahan Januari 2022 lalu. Nasi Ayla ini terdiri dari nasi kabsah, nasi mandhy, dan nasi biryani. Tiga nasi ini tersaji dalam satu piring.

Nasi Ayla (kanan bawah) dan aneka menu yang ada di Resto Al Izzah. Foto: Joko Kristiono/Portal Surabaya

Izzah menjelaskan, nasi mandhy adalah sajian yang berasal dari Yaman, dan sangat terkenal di beberapa negara Arab lainnya seperti Mesir, Maroko, Oman, Syria, Turki dan tentunya Arab Saudi.

“Nasi mandhy memiliki aroma rempah-rempah yang kuat karena terdiri dari kapulaga, jintan putih, ketumbar, serbuk kunyit, bunga lawang dan lain-lain. Untuk rasa dari nasi Arab satu ini didominasi oleh rasa gurih,” tuturnya.

Sedangkan nasi biryani adalah hidangan yang berasal dari Asia Selatan (India dan Pakistan). Nasi biryani memiliki rasa yang jauh lebih gurih dan aroma rempah lebih tajam jika dibandingkan dengan nasi mandhy.

“Nah kalau nasi kabsah itu hampir mirip dengan nasi mandhy. Nasi kabsah ini berwarna kemerahan dan asam manis dari tomat. Orang-orang biasa menyebutnya nasi tomat. Salah satu ciri khas bumbunya menggunakan tomat dan sedikit cabai, sehingga cita rasanya asam gurih, dan tidak ada rasa pedas sama sekali,” paparnya.

Dikatakan Izzah, hampir semua makanan Timur Tengah menggunakan banyak rempah-rempah yang membuat aroma makanannya menjadi lebih sedap. Rasanya yang lezat dan sedap ini yang bikin makanan Timur Tengah cocok untuk disantap pada saat buka puasa.***


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,380PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Dari Pinggir Rel KAI dan Tambak, PBV Gribin Siap Cetak Pemain Nasional

PORTALSURABAYA.COM - Semaraknya kompetisi bola voli paling bergengsi se-Asia Tenggara, Proliga 2022 menjadikan cabor olahraga masyarakat ini mewabah. Terbukti dengan bergulirnya kompetisi bola voli...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR