Minggu, 3 Juli 2022 - 17:55:03
27 C
Surabaya

Kinerja Positif Perusahaan Pembiayaan di Tengah Pandemi Covid-19

PORTALSURABAYA.COM – PT Federal International Finance (FIF) merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang usaha pembiayaan ritel khusus sepeda motor Honda yang diproduksi oleh PT Astra Honda Motor Tbk., (AHM). AHM sendiri juga salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk.

Tepat 1 Mei 2013 Perseroan melakukan proses rebranding dengan meluncurkan new identity berupa logo baru berbentuk sidik jari dan penyebutan nama perseroan menjadi FIFGroup. Perseroan ini merupakan grup manajemen dari FIFAstra untuk pembiayaan sepeda motor, Spektra untuk pembiayaan elektronik dan perabot rumah tangga, Danastra melayani pembiayaan multiguna dan Amitra merupakan Unit Usaha Syariah (UUS) FIFGroup yang melayani pembiayaan syariah.

“FIFGroup merupakan perusahaan pembiayaan sepeda motor dan elektronik terbesar di Indonesia dengan lebih dari 240 kantor cabang dan 416 Point of Service (POS),” jelas Esther Sri Harjati, Human Capital, General Support, and Corporate Communication Director FIFGroup saat peresmian kantor cabang Rungkut pekan lalu.

Pandemi Covid-19 menjadi tantangan besar bagi seluruh perusahaan di Indonesia, khususnya FIFGroup. Ditambah dengan kemunculan varian-varian baru yang menyebabkan eskalasi keresahan masyarakat yang berdampak terhadap sektor ekonomi Indonesia. Namun, di tengah kondisi tersebut, pada 2021, FIFGroup membukukan kinerja positif.

“Secara nasional telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp32,83 triliun. Dimana angka ini meningkat sebesar 4,64% jika dibandingkan pada 2020 yang hanya menyalurkan pembiayaan senilai Rp31,37 triliun,” jelas Setia Budi Tarigan, Operation Director FIFGroup.

Dalam perjalanannya, FIFGroup di wilayah Jawa Timur 1 (Jatim 1) yang mencakup 8 cabang di wilayah Surabaya dan Sidoarjo dengan jumlah karyawan sebanyak 686 karyawan. Sedangkan untuk cabang Rungkut yang gedung barunya diresmikan Jum’at (14/1/2022) pekan lalu, memiliki sebanyak 102 karyawan.

“Secara Year to Date (YTD) 2021, total pembiayaan yang disalurkan di wilayah FIFGroup Jatim 1 meningkat sebesar 4,90%, yaitu senilai Rp1,17 triliun dibanding periode yang sama pada tahun 2020, senilai Rp1,115 triliun,” ungkap Bahagianto, Kepala Wilayah FIFGroup Jawa Timur 1.

Penyaluran pembiayaan pada 2021 ditujukan kepada 88,6 ribu unit sepeda motor baru dan bekas, 10,4 ribu unit multiproduk, serta 859 unit pembiayaan syariah.

Untuk Cabang Rungkut sendiri juga menutup akhir 2021 dengan peningkatan penyaluran pembiayaan sebesar 8,27%, yaitu senilai Rp188,68 miliar dibanding periode yang sama pada 2020, senilai Rp174,28 miliar.

“FIFGroup Cabang Rungkut menyalurkan pembiayaan tersebut pada tahun 2021 kepada 16 ribu unit sepeda motor baru maupun bekas, seribu unit multiproduk, dan 96 unit untuk pembiayaan syariah,” pungkas Ahmad Miftah, Kepala Cabang Rungkut.***


Berita sebelumyaRevans Lunas!
Berita berikutnyaSkuat Komplit, Siap Revans Lagi

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,380PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

CHARM Bekerjasama dengan YKPI Dukung Aksi Pink Ribbon untuk Meminimalkan Angka Kematian Akibat Kanker Payudara

PORTALSURABAYA.COM - Kanker payudara masih menjadi ancaman bagi masyarakat Indonesia terutama perempuan Indonesia. Menurut data The Global Cancer Observatory tahun 2020, kanker payudara di Indonesia merupakan...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR