Senin, 4 Juli 2022 - 16:42:11
27 C
Surabaya

Air Bah Kali Lamong Meluap, Sawah di Dua Kecamatan di Gresik Terendam

PORTALSURABAYA.COM – Luapan banjir kali Lamong kembali menimpa sawah dan Jalan lingkungan di lima Desa di Kecamatan Balongpanggang dan Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik, Rabu (3/11/2021). Air bah Kali Lamong itu akibat kiriman dari Kabupaten Mojokerto.

Di Kecamatan Balongpanggang Desa Dapet jalan lingkungan tergenang 30-45 cm dan sawah tergenang 2 hektar. Di Desa Banjaragung, jalan lingkungan tergenang 15 – 30 cm sepanjang 200 M dan sawah tergenang 2 hektar.

Sementara di Desa Sekarputih, jalan lingkungan tergenang 5 – 15 cm, sepanjang 50 meter. Desa Wotan Sari, jalan lingkungan tergenang 5 – 15 cm sepanjang 25 meter.

Lalu di Kecamatan Benjeng hanya Desa Lundo yang mengalami banjir luapan Kali Lamong yang mengakibatkan jalan lingkungan tergenang 15-30 cm sepanjang 200 meter dan sawah tergenang 5 hektar.

Salah satu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik Sofwan Hadi mengatakan dari pantauan di lapangan, banjir luapan Kali Lamong ini hanya terjadi di hulu, dan air kiriman dari Kabupaten Mojokerto yang intensitas hujan lumayan tinggi.

“Air Bah ini kiriman dari hulu saja, yang kemudian melebar ke persawahan warga dan jalan, belum naik ke pemukiman warga,” ujarnya.

Sowfan menyebut hingga hari ini, debit air masih terlihat cukup tinggi (bertambah), lalu melihat akhir-akhir ini cuaca terlihat mendung.

“Kondisi debit air masih bertambah. Semoga saja luapan Kali Lamong ini cepat surut, sehingga warga bisa kembali ke sawah,” ucapnya.*


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,379PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Forkopimda Gresik Gelar Rakor Bersama BMKG Jatim Waspada La Nina

PORTALSURABAYA.COM - Forkopimda Pemerintah Kabupaten Gresik bersama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) mengantisipasi sekaligus meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi dampak La...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR