Sabtu, 2 Juli 2022 - 09:35:35
27 C
Surabaya

Bangkitkan Sektor Pariwisata, Archipelago International Gelar Kuliner otentik Jawa Timur di Gresik

PORTALSURABAYA.COM – Festival kuliner Archipelago kembali digelar setelah sempat terhenti akibat pandemi. Dalam acara yang bertempat di Atrium mall Gresik, Selasa (19/10/2021), Archipelago International menampilkan menu kuliner otentik dari wilayah Jawa Timur.

Bertajuk Explore Array of Authentic East Java Cuisine, Archipelago International menghadirkan 14 Chef yang berasal dari jaringan hotel di bawah manajemen Archipelago International. Mereka berlomba untuk memberikan kreasi dan inovasi baru dalam menyajikan sebuah hidangan dari menu kuliner Jawa Timur.

Beragam menu makanan otentik Jawa Timur, seperti misalnya menu Nasi Pecel dikreasikan dengan buah pisang, hingga makanan ringan tahu isi yang dipadukan dengan udang.

Director of Operational Archipelago International, Winston Hanes mengatakan tahun 2021 ini pihaknya menggelar festival kuliner ini karena ingin memperlihatkan bakat dan talenta Chef dan F&B yang berasal dari jaringan Archipelago International di wilayah Jawa Timur. Ia juga mengungkapkan saat ini situasi sudah mulai pulih dari pandemi yang melanda hampir 2 tahun.

“Setelah hampir 2 tahun pandemi melanda, sudah banyak yang menderita, banyak dari kita kehilangan orang – orang tersayang, karena itu saat inilah waktu yang tepat untuk kita bangkit,” ujar Winston Hanes.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah yang hadir secara langsung untuk membuka acara, juga menyambut baik diadakannya festival kuliner ini. Wabup mengatakan bahwa Indonesia terkenal dengan menu kulinernya yang memanjakan lidah, dan dengan adanya festival kuliner akan mendorong munculnya kreasi – kreasi menu kuliner baru.

“Ini akan mendorong rekan – rekan Chef untuk memberikan kreasinya yang terbaik untuk memperkaya khasanah kuliner Nusantara, terutama Jawa Timur,” ujar Wabup wanita pertama Gresik itu.

Lebih lanjut, Wabup yang akrab disapa Bu Min itu juga mengucapkan terima kasih karena dengan diadakaannya acara Festival Kuliner Archipelago International ini bisa mendukung sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Gresik. Apalagi dengan memberikan kesempatan bagi UMKM Kecamatan Kebomas untuk membuka stand aneka jajanan produksinya.

“Kita di Pemerintah daerah, menyambut baik dan mendukung kegiatan – kegiatan yang membangkitkan kembali sektor perekonomian yang sempat terganggu karena pandemi, ini seiring dengan semakin melandainya kasus Covid-19 dan level PPKM Kabupaten Gresik. Tetapi tentu saja dalam pelaksanaannya harus tetap menerapkan protokol kesehatan agar situasi yang kondusif ini tetap terjaga,” ucap Bu Min.

Acara festival kuliner Archipelago International ini diadakan selama satu hari dan diikuti oleh hotel – hotel dalam jaringan archipelago international di Jawa Timur, diantaranya Aston Inn Gresik, Fave Hotel Surabaya, hingga Aston Hotel Banyuwangi.

Tampak hadir mendampingi Wabup membuka acara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gresik Sutaji Rudy, Regional General Manager Archipelago International Yohannes Sulistiyono Hadi, Owner dan Direktur Utama PT. Dharma Lautan Utama Erwin H. Poedjiono, DOSM PT. Dharma Graha Utama Ika Putri dan General Manager Aston Inn Gresik Paminta Nugraha.*


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,376PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Percepat Herd Imunity, 10 Ribu Dosis Vaksin untuk Warga Pulau Bawean Gresik

PORTALSURABAYA.COM - Herd imunity (kekebalan Komunal) bagi seluruh warga Gresik perlahan mulai terrealisasi, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani bersama Gubernur Jawa Timur dan TNI...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR