Senin, 4 Juli 2022 - 15:27:06
27 C
Surabaya

Sanksi bagi Pemain dan Klub Liga 1 jika Langgar Prosedur Prokes

PORTALSURABAYA.COM – Kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 mendapat lampu hijau alias ijin dari Polri dan dipastikan berlangsung mulai Jumat, 27 Agustus 2021. Disebabkan masih dalam situasi pandemi juga diberlakukan PPKM, pertandingan pun digelar dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Karena itu, jika ada pemain atau official tim peserta liga yang melanggar prokes, mereka akan dijatuhi sanksi oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku penyelenggara Liga 1. Sebab itulah, para pemain Liga 1 akan menandatangani pakta integritas untuk menegakkan prokes selama kompetisi.

“Ada pakta integritas dengan klub dan klub dengan pemain. Nantinya ada sanksi bagi yang melanggar,” ujar Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita dalam konferensi pers virtual, Selasa (24/8/021) lalu.

Salah satu poin dari sanksi bagi klub dan pemain Liga 1 melanggar prokes adalah tidak boleh masuk ke arena pertandingan.

Misalnya, jika ada pemain yang ketahuan melanggar aturan, dia akan dipisahkan dari tim pengecekan kondisi dan, selama itu, tak bisa beraktivitas ataupun bertanding di dalam stadion.

“Dia mesti diisolasi terlebih dahulu. Karena kami khawatir dia (pemain) entah dari mana,” ucap Lukita.

Pria asal Jawa Barat tersebut melanjutkan karena itu meminta semua pihak untuk berkomitmen dalam melaksanakan prosedur yang ditetapkan.

“Semua peserta liga 1 baik pemain dan official harus taat prosedur ini,” singkat Lukita.

Sementara, dalam kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yakin pemain dapat menjalankan pakta tersebut.

“Liga ini berkaitan dengan hidup mereka. Namun, kalau melanggar, mereka akan merasakan akibatnya,” papar Zainudin, sembari mengingatkan bahwa pelaksanaan Liga 1 maupun nanti Liga 2 akan diawasi ketat oleh pemerintah.

Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 dijadwalkan berlangsung mulai Jumat, 27 Agustus 2021 dengan laga perdana Bali United versus Persik.

Pertandingan pembuka itu akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, mulai pukul 19.00 WIB.

Setelah kepastian Liga 1, berikutnya PSSI dan LIB akan menggulirkan Liga 2 yang ditargetkan akan dimulai pada September 2021.*

 

 


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,379PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Bekal 24 Pemain Pilihan, Persegres Putra Siap Hadapi Piala Soeratin U-17 Jatim

PORTALSURABAYA.COM - Jelang Piala Soeratin U-17 Jawa Timur, Persegres Putra mulai tancap gas setelah melakukan seleksi pemain. Uji tanding pun digelar sebelum laga resmi...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR