Kamis, 30 Juni 2022 - 03:00:33
27 C
Surabaya

Tiga Desa di Gresik Lolos 300 Besar Ajang Desa Wisata Indonesia 2021 Kemenparekraf RI

PORTALSURABAYA.COM – Tiga desa di Kabupaten Gresik yang lolos best of the best 300 besar di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

Kabar itu di sampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Gresik, Agustin Halomoan Sinaga yang menyebut tiga desa di Kabupaten Gresik lolos best of the best 300 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

Tiga desa itu Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah, Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah, dan Desa Sidokumpul Kampung Kreasi masuk kurasi.

“Alhamdulillah dalam kurasi best of the best 300 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021. Ada  3 desa di Gresik yang lolos. Ketiga desa yaitu, Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah, Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah, dan Desa Sidokumpul Kampung Kreasi” ungkap Sinaga melalui sambungan teleponnya, Jumat (20/8/2021).

Atas prestasi ini, Sinaga berharap menjadi awal kejayaan kepariwisataan Kabupaten Gresik. Membuat lebih semangat untuk mengembangkan wilayah desa yang tersebar di Gresik menjadi desa wisata, dan pastinya berdampak terhadap kesejahteraan warganya.

“Kreatif, inovatif, guyub rukun dan gotong royong menjadi salah satu modal awal untuk menghadirkan desa wisata. Ini menjadi penyemangat untuk terus mengembangkan desa wisata,” kata Sinaga.

Selanjutnya, ungkap Sinaga untuk desa di Gresik yang belum masuk menjadi nominasi di ajang tersebut agar tidak surut atau patah semangat. Tetap giat untuk memajukan desanya masing-masing melalui potensi yang ada.

“Bagi yang belum masuk 300 besar, tetap mendapatkan apresiasi tinggi dari Kemenparekraf. Selajutnya akan diseleksi 100 besar, kemudian 50 besar dan Grand Final 10 besar,” jelas Sinaga.

Tidak hanya di Gresik, Sinaga membeberkan, dari 300 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021, ada dari kabupaten lain yang berasal dari wilayah Jawa Timur yaitu, Mojokerto 2 desa, Banyuwangi 2 desa, Pacitan 1 desa, Kota Batu 2 desa, Situbondo 1 desa, Kediri 1 desa, Lumajang 2 desa, Magetan 2 desa, Blitar 1 desa, Bojonegoro 1 desa dan Kabupaten Malang 3 desa.

“Jejaring Desa Wisata (Jadesta) akan selalu menjadi rumah komunikasi dan informasi perkembangan Desa Wisata di Indonesia. Bisa di lihat di laman jadesta.com,” ucapnya.

Di ketahui ada sebanyak 1.831 desa dari 34 provinsi yang ada di Indonesia telah mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021. Jumlah tersebut melebihi target awal yakni hanya 700 desa seperti yang di unggah di laman tersebut.*

 


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,371PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Prioritas Pemerintah: Bangun Fasilitas Air Bersih di Kawah Ijen

PORTALSURABAYA.COM – Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen di Banyuwangi menjadi salah satu program prioritas pemerintah untuk percepatan pengembangan pariwisata nasional. Fasilitas penunjang di TWA...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR