Senin, 26 September 2022 - 06:44:18
27 C
Surabaya

Kunjungi Desa Devisa Wedani Cerme, Bupati Gresik: UMKM Harus Jaga Kualitas Produk

PORTALSURABAYA.COM – Pemerintah Kabupaten Gresik memiliki keinginan kuat untuk mendorong bangkitnya perekonomian lewat UMKM yang berdaya dan berani ekspor. Hal ini tercermin dari segala dukungan yang terus mengalir dari Pemkab Gresik dengan menggandeng semua stakeholder yang ada untuk geliat UMKM.

Sejak tahun lalu, satu persatu UMKM unggulan Kabupaten Gresik berhasil masuk dalam pasar global. Dengan pendampingan melalui Diskoperindag Gresik, Bea Cukai Gresik serta komunitas yang terus memberikan support, muncul berbagai success story dari pelaku UMKM di Kabupaten Gresik.

Banyak diantaranya pelaku UMKM yang “kaget”, anggapan bahwa untuk bisa melakukan ekspor merupakan hal yang sangat sulit dilakukan oleh pelaku UMKM serta merta luntur setelah mereka mendapat pendampingan dari Pemkab Gresik dan Bea Cukai.

Tentu upaya ini tidak melulu datang dari sisi pemerintah daerah dan perangkatnya. Diperlukan sinergi yang apik juga dari pihak UMKM untuk memiliki semangat, kreasi dan inovasi untuk menghasilkan produk yang menarik, berdaya guna dan berkualitas.

Adanya sinergi dari dua sisi tersebut juga tidak akan lengkap tanpa dukungan dari masyarakat untuk mau dan bangga membeli barang-barang hasil UMKM Gresik.

Hal ini yang ditunjukkan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam kunjungannya di Desa Devisa Wedani, Kecamatan Cerme yang tersohor akan kain dan sarung tenunnya. Sukses menembus pasar Timur Tengah dan Eropa, produk garmen dari Desa Wedani ini tentunya tidak diragukan lagi akan kualitasnya.

“Di sini (UMKM kain dan sarung tenun kualitas tidak diragukan lagi dan sangat penting untuk menjaga serta mempertahankan kualitas produk, apalagi untuk pasar luar negeri,” ujar Gus Yani.

Bupati yang hadir bersama istri Nurul Haromaini Ali kompak menggunakan baju batik hasil tenun Desa Wedani. Keduanya tampak serasi dan keren menggunakan setelan batik tersebut. Dengan kualitas yang tidak diragukan tersebut, tidak ada lagi alasan untuk ragu-ragu dalam memilih produk UMKM sebagai produk favorit.

Dalam kunjungan ini, Bupati yang akrab di sapa Gus Yani mengunjungi galeri dan tempat pengrajin kain Wedani. Ia juga menyapa dan mendengar aspirasi pengrajin untuk pengembangan lebih lanjut. Tak lupa, juga mengingatkan pentingnya menjaga kualitas produk untuk selalu maksimal, dan pesan tersebut tidak terbatas pada UMKM Desa Wedani saja.

“Hal ini hubungannya dengan brand image yang berkembang di masyarakat dimana secara tidak langsung akan mempengaruhi keputusan pembelian oleh masyarakat terhadap produk UMKM tersebut. Jadi pesan saya produk harus tetap di jaga kualitasnya dan ini untuk semua UMKM yang ada di Gresik,” ungkapnya.*

 


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,501PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Mendag Keliling Pasar Pastikan Pasokan Bapok Aman Jelang Lebaran

PORTALSURABAYA.COM – Dua pekan menjelang Lebaran Idul Fitri 1443 H, Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag RI), melakukan pemantauan pasokan dan harga barang...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR