Senin, 26 September 2022 - 23:18:28
27 C
Surabaya

Posko Screening Suramadu, Wali Kota Surabaya: Ini Penyekatan Madura

PORTALSURABAYA.COM – Wali Kota Eri Cahyadi menegaskan bahwa screening dan swab di pos penyekatan Jembatan Suramadu sisi Surabaya hanya bersifat sementara, dan membantu Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Sebenarnya titik penyekatan ini bukan Surabaya, tapi Madura. Kita membantu di sini,” tegas Eri di sela meninjau posko penyekatan di Suramadu sisi Surabaya bersama Bupati Bangkalan, Jum’at (18/6/2021).

Sehingga, lanjut Eri, pihaknya ingin menunjukkan bahwa dirinya dan Bupati Bangkalan tidak ada bedanya dalam hal penanganan Covid-19. “Kami ini sama-sama ingin menghentikan laju Covid-19, dan menjaga di masing-masing wilayah dengan kerja sama,” sambungnya.

Bantuan screening dan swab di Jembatan Suramadu sisi Surabaya yang dimulai sejak Kamis kemarin (17/6/2021) itu, berdasarkan permintaan Bupati Bangkalan melalui surat permohonan bantuan tenaga kesehatan (nakes) bernomor: 440/098/433.208/2021.

Baca Juga: Minta PTM Dikaji Ulang, DPRD Surabaya Ingatkan Eri Soal Klaster Sekolah

Surat tersebut merupakan hasil rapat koordinasi (rakor) bersama Tim Penanggulangan Covid-19 yang dipimpin Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang memberi mandat kepada Surabaya untuk membantu Bangkalan.

“Sebenarnya swab di Surabaya ini bukan Pemkot Surabaya, tapi ini adalah perbantuan yang di Bangkalan sesuai dengan permohonan Pak Bupati Bangkalan. Nah, ketika jumlah di Bangkalan tidak nampung, lolos, maka kami lakukan swab di Surabaya,” tutur Eri.

Artinya, setiap kendaraan berplat M (Madura) yang melintas mehuju Kota Pahlawan, tak perlu lagi diswab karena sudah di-screening di Posko Bangkalan. Namun untuk yang selain plat M dari arah Bangkalan, akan dihentikan di Posko Surabaya.

Baca Juga: Banyuwangi Sukses Budidaya Gingseng Merah, Wabup Sugirah: Ini Komoditas Menjanjikan

“Sehingga, siapa pun yang akan masuk Madura saya bantu swab. Supaya aman, tidak ada yang terpapar Covid-19. Sebaliknya, kendaraan (plat M) yang menuju Surabaya itu (di-screening) Bupati Bangkalan,” ucap Eri.

Di tempat sama, Bupati R Abdul Latif Amin Imron mengimbau masyarakat agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Kami imbau pada masyarakat untuk tetap disiplin, karena tidak lain ini lah untuk menjaga keselamatan, baik itu Surabaya, Bangkalan, maupun Madura Raya pada umumnya,” imbau bupati yang akra disapa Ra Latif tersebut.


BERITA TERKAIT

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,504PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Legislator PKB Jatim Santuni Anak Yatim Terdampak Covid-19 di Gresik

PORTALSURABAYA.COM - Santunan kepada puluhan anak yatim piatu di 16 Kecamatan se Kabupaten Gresik yang terdampak pandemi Covid-19 dilakukan anggota DPRD Jawa Timur dari...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR