Jumat, 20 Mei 2022 - 15:34:23
27 C
Surabaya

Sambangi Pasar Bandeng Gresik, Gubernur Jatim: Bandeng Gresik Legend!

PORTALSURABAYA.COMBupati Gresik Fandi Akhmad Yani mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke pasar bandeng di jalan Samanhudi, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jumat (29/4/2022).

Tidak tanggung-tanggung, Gubernur langsung memborong bandeng kawak di beberapa stand pedagang. Termasuk seekor bandeng dengan berat 7 kilogram lebih milik seorang pedagang bernama Mudlofar asal Pulau Mengare, Desa Watuagung, Kecamatan Bungah di beli orang nomor satu di Pemprov Jatim itu.

Tidak hanya itu, Khofifah juga membeli bebrapa kilogram kepiting yang dijual di area pasar bandeng dari beberapa pedagang.

Usai melakukan transaksi pembelian, Gubernur Khofifah mengatakan, pasar bandeng ini merupakan kekuatan ekonomi lokal sesuai kultur masyarakat Gresik. Oleh sebab itu perikanan di Gresik harus tetap dilestarikan.

Baca Juga:Hadiri Santunan Anak Yatim Dan Dhuafa di Wringinanom, Wakil Bupati Gresik Beri Apresiasi

“Karena, ikan Bandeng menjadi kekuatan perikanan di Gresik. Pihaknya berharap, kedepan format pasar bandeng harus lebih ditingkatkan lagi. Sehingga yang mudik ke Gresik bisa ikut merasakan pasar bandeng yang hanya satu tahun sekali ini. Mungkin warga yang tidak pernah lihat bandeng besar bisa datang kesini (pasar bandeng, Red). Bandeng Gresik Legend,” ujarnya.

Rencananya, bandeng yang sudah dibeli akan dimasak bareng-bareng bersama semua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim.

“Nanti malam akan kami buat sahur bersama-sama kepala OPD. Kami akan masak bandeng berbasis bandeng Gresik,” pungkasnya.

Sementara itu, Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik mengaku senang karena orang nomor satu di Jawa Timur itu berkesempatan hadir dan mengunjungi pasar bandeng yang merupakan tradisi turun menurun tersebut. Terlebih para pedagang bandeng juga ikut merasakan manfaatnya.

“Kita lihat tadi bu Gubernur memborong beberapa ekor bandeng. Tentu ini merupakan sebuah manfaat yang luar biasa,” katanya.

Ia berharap semoga seluruh pedagang yang turut berpartisipasi dalam pagelaran pasar bandeng kali ini memperoleh hasil yang memuaskan.

“Sehingga tahun depan dapat ikut berpartisipasi kembali. Saya sampaikan terima kasih kepada semua masyarakat baik pedagang maupun pengunjung pasar bandeng atas partisipasi dan antusiasnya dalam meramaikan pagelaran tradisi turun temurun ini. Mudah-mudahan tahun depan bisa diadakan kembali,” pungkasnya.*

 


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,320PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Langgar UU ITE, LPBH NU Malang Minta Aparat Kepolisian Menahan Gus Idris

PORTALSURABAYA.COM mo - Hujatan terhadap konten video dugaan pornografi yang diunggah oleh Youtuber M Idrisul Marbawi alias Gus Idris terus mengalir. Meskipun konten video...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR