Sabtu, 2 Juli 2022 - 12:25:40
27 C
Surabaya

Besok Khofifah Buka Pameran Foto Mahameru

PORTALSURABAYA.COM – Tepat di penghujung 2021 lalu, masyarakat Indonesia, khususnya di Lumajang, Jawa Timur dikagetkan oleh bencana alam yang dahsyat. Sabtu, 4 Desember 2021 sore itu, gunung tertinggi di Pulau Jawa ini erupsi. Mengeluarkan abu vulkanik isi dari dalam perut gunung dan memporak-porandakan permukiman di sekitar kawasan tersebut.

Ratusan warga dari berbagai daerah di kawasan Gunung Semeru yang menjadi korban, saat ini masih dalam pengungsian. Dan puluhan korban jiwa meninggal hingga saat ini terus diupayakan pencarian oleh tim gabungan Basarnas.

Pemerintah Republik Indonesia melalui stake holder di masing-masing daerah terdampak gotong-royong memberikan perlindungan tempat tinggal dan jaminan Kesehatan. Serta pendidikan bagi anak-anak yang harus bersekolah di pengungsian untuk sementara waktu karena sekolahnya hancur karena tertimbun abu vulkanik gunung yang juga sering disebut Mahameru.

Melihat kondisi tersebut, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Surabaya tidak tinggal diam. Sebagai organisasi profesi, mereka turut merasakan penderitaan warga terdampak bencana.

Mereka menggelar pameran foto Mahameru di Royal Plasa, Kamis – Sabtu (24-26 Februari 2022) mendatang. Selain itu juga dibuka donasi untuk warga yang terdampak bencana.

“Berdasarkan realita yang terjadi di lapangan, kami selaku Pewarta Foto akan memperlihatkan karya jurnalistik foto yang menjadi saksi atas kejadian-kejadian penting di seluruh penjuru daerah, termasuk Gunung Semeru,” jelas Dipta Wahyu Pratomo, Ketua Pelaksana pameran, Rabu (23/2/2022) .

Harapannya, dengan pameran ini dapat memberikan kenangan tersendiri bagi warga Jawa Timur dan dapat menyaksikan setiap rekaman peristiwa yang terjadi di lokasi dari berbagai tahun yang mungkin tidak dipublikasikan oleh media.

“Insya Allah, pameran akan dibuka langsung oleh Ibu Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, Kamis besok,” ungkap perwarta foto Jawa Pos ini.

Dalam pameran tersebut akan menampilkan sekitar 50 karya foto dari 21 peserta anggota PFI Surabaya. Selain itu, mereka juga menggalang donasi untuk disalurkan kepada warga setempat yang masih dalam pengungsian.

Untuk donasi bisa transfer ke nomer rekening 1735007320 Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan kode transaksi 451 atas nama Joko Kristiono.

“Semua hasil donasi seluruhnya kami sampaikan ke warga setempat yang terdampak melalui Bapak Thoriqul Haq, Bupati Lumajang,” jelasnya.

Ada banyak rangkaian acara menyemarakkan gelaran pameran tersebut. Mulai dari webinar, talkshow, sarasehan hingga bedah buku.

“Di hari pertama, usai pembukaan, kita diundang webinar oleh Majalah Mata,” tandas Suryanto Putramudji, Ketua PFI Surabaya saat dikonfirmasi pada kesempatan berbeda.

Pada hari kedua, Jum’at (25/2/2022), lanjut pewarta foto Radar Surabaya ini, ada talkshow dengan tema trauma healing. Narasumbernya Listyo Yuwanto, Psikolog dan dosen Universitas Surabaya (Ubaya).

“Di hari terakhir, kita ada bedah buku Ibu karya senior kita, Trisnadi. Juga ada sarasehan mengenai pengalaman teman-teman selama meliput bencana, khususnya di Semeru,” pungkas pria berkacamata ini.

Turut mendukung terlaksananya pameran foto Mahameru ini antara lain, Pemprov Jawa Timur, Bank Jatim, Pertamina Patra Niaga, Pelindo 3, PJB, Royal Plasa, Universitas Surabaya (Ubaya), Universitas Kristen (UK) Petra, dan Universitas Hayam Wuruk (UHW).

Serta media partner diantaranya Suara Surabaya, She Radio dan BeTak Surabaya radio streaming.***


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,376PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

PTM 100 Persen SD dan SMP di Surabaya Gunakan Dua Shift

PORTALSURABAYA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bakal menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen bagi PAUD, TK, SD dan SMP mulai Senin depan, (10/1/2022)....

BERITA TERKINI

MOST POPULAR