Jumat, 1 Juli 2022 - 15:18:29
27 C
Surabaya

Bupati Gresik Hadiri Sosialisasi Peningkatan Budaya Baca dan Literasi

PORTALSURABAYA.COM – Mengukur sebuah kemajuan suatu bangsa salah satu indikatornya adalah minat baca. Hal ini disampaikan oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat membuka kegiatan Sosialisasi Peningkatan Budaya Baca Dan Literasi Serta Pelantikan/Pengukuhan Pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) periode 2021-2025 yang diinisiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik.

Kegiatan yang dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman, Ketua GPMB Pusat Tjahud Suprajogo, Sekretaris GPMB Provinsi Jawa Timur Melkion Donald, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik Ninik Asrukin, dan Ketua GPMB Kabupaten Gresik terpilih Kriswanto Aji.

Dalam kegiatan ini, Bupati yang akrab disapa Gus Yani itu berpesan dengan masifnya penggunaan internet melalui gawai, cara-cara mengembangkan minat baca masyarakat diharapkan bisa berjalan seiring dengan perkembangan zaman.

“Kita harus benar-benar berjuang dan fokus dalam usaha peningkatan minat baca masyarakat ini, Insha Allah saudara-saudara yang sudah dilantik hari ini adalah orang-orang yang hebat,” ujar Gus Yani, Selasa (14/12/2021).

Adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia memaksa perubahan disegala aspek yang mau tidak mau harus bisa kita imbangi jika tidak mau tertinggal. Oleh karenanya, lanjut Gus Yani berpesan kepada semua OPD agar membuat terobosan untuk menghadapi kendala yang ada.

“Kepada Kadis Perpustakaan dan Kearsipan saya katakan harus punya terobosan untuk memudahkan masyarakat untuk mencari buku melalui perpustakaan digital misal. Sehingga masyarakat ini bisa mengakses lewat gawai,” katanya.

Terakhir Bupati menaruh harapan agar sinergi dengan GPMB Provinsi Jawa Timur yang sudah terjalin ini bisa terus terbangun, dan dengan dilantiknya kepengurusan GPMB ini bisa membawa progres yang bagus terhadap minat baca masyarakat Gresik karena warisan terbaik yang bisa kita berikan kepada anak cucu kita adalah kebiasaan gemar membaca.

Senada dengan Bupati Yani, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman dalam laporannya juga menegaskan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menumbuh kembangkan minat baca dan literasi pada satuan pendidikan dasar dan pendidikan khusus serta masyarakat khususnya di lingkungan Kabupaten Gresik.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan minat baca dan literasi pendidikan dasar, ini sangat baik untuk kedepannya,” ucapnya.

Selain pengangkatan pengurus GPMB periode 2021 – 2025 dan pemberian materi oleh narasumber, dipamerkan juga berbagai hasil produk literasi berupa produk kerajinan dari Perpusdes yang berasal dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Gresik, tidak ketinggalan pula unit usaha hasil dari kolaborasi dengan PT. Smelting berupa kain batik serta pojok digital iGresik dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik.*


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,376PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Lantik Empat Kepala Desa, Gus Yani: Anda Harus Kerja Keras dan Berempati

PORTALSURABAYA.COM - Empat Kepala Desa (Kades) baru masa bakti 2021-2025 dilantik Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, Kamis (26/8/2021) di Ruang Mandala Bakti Praja. Ke empat Kades...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR