Kamis, 30 Juni 2022 - 01:39:33
27 C
Surabaya

Operasi Pohon Plastik di Kali Marmoyo Mojokerto, 800 Pohon Terlilit Sampah Plastik

PORTALSURABAYA.COM – Relawan sungai Nusantara dan Ecoton melakukan bersih-bersih sampah plastik yang melilit pohon-pohon disepanjang tepian Kali (sungai) Marmoyo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto bersama Bupati Ikfina Fahmawati, Sabtu (23/10/2021) kemarin.

Bupati Mojokerto usai memimpin aksi bersih-bersih sampah plastik di Kali Marmoyo tersebut mengatakan ada sekitar 80 relawan sungai Nusantara yang hadir dalam kegiatan operasi pohon plastik.

Lebih lanjut, Ia mengatakan untuk menjaga kondisi sungai agar tetap bersih dari sampah plastik, terutama yang menyangkut dipohon menjadi tanggungjawab semua pihak.

“Menjaga kelestarian sungai harus menjadi tanggungjawab semua pihak, pemerintah, pemerhati lingkungan seperti Ecoton dan masyarakat,” ungkapnya.

Terpisah, koordinator operasi pohon plastik Khalid Basyaiban mengatakan kegiatan pembersihan plastik-plastik yang menempel atau tersangkut di pohon yang ada di sepanjang tepian Kali Marmoyo ini agar air sungai tidak tercemar dengan limbah plastik.

Operasi pohon Plastik juga bertujuan untuk mengurangi timbulan sampah plastik di Kali Marmoyo tersebut.

“Kegiatan operasi pohon plastik saat ini dilakukan di Kali Marmoyo Mojokerto, sungai ini (Marmoyo) bermuara di Kali Surabaya yang menjadi bahan Baku air minum PDAM Gresik Dan PDAM Surabaya, Banyaknya sampah Plastik Akan membuat sungai dicemari mikroplastik,” ungkapnya, Minggu (24/10/2021).

Lebih lanjut alumni Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura ini menjelaskan hasil dari operasi itu bahwa di Kali Marmoyo terdapat lebih dari 800 pohon yang terlilit sampah plastik.

“Setelah hampir seharian melakukan pembersihan plastik di pohon, tercatat hampir ada sekitar 800 pohon dimana terdapat plastik yang tersangkut,” ucap Khalid.*

 


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,371PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Kota Mojokerto Berlakukan Izin Industri Terintegrasi OSS dan SIINas

PORTALSURABAYA.COM - Pemerintah Kota Mojokerto mulai memberlakukan pelayanan perizinan berusaha secara terintegrasi menggunakan OSS dan SIINas (Sistem Informasi Industri Nasional) untuk sektor perindustrian. SIINas adalah...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR