Sabtu, 2 Juli 2022 - 09:47:18
27 C
Surabaya

UMKM Sarang Burung Walet Gresik Tembus Pasar Hongkong

PORTALSURABAYA.COM – Kebangkitan sektor ekonomi daerah pasca Pandemi Covid-19 lewat pemberdayaan UMKM Kabupaten Gresik sudah di depan mata. Hari ini, Jum’at (22/10/2021), Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani (Ning Nurul), melepas produk hasil UMKM Ujungpangkah berupa sarang burung walet dan produk hasil olahannya dibawah merk Birdnestjoy dengan tujuan ekspor ke Negara Hongkong.

Kuantitas barang yang diekspor pun cukup tinggi, yakni sebanyak1.200 minuman olahan sarang burung walet dan 30 kg liur walet, dengan nilai total sebesar 900 juta.

Kadiskoperindag Gresik Agus Budiono memberikan apresiasi atas atas keberhasilan Birdnestjoy yang bisa menembus pasar Hongkong lewat produk-produknya. Keberhasilan produk sarang burung walet ini menjadi contoh bagi UMKM di Ujungpangkah lainnya.

“Keberhasilan produk sarang burung walet dari UMKM Ujungpangkah ini memberikan harapan untuk pemulihan ekonomi daerah Kabupaten Gresik dan khususnya pelaku usaha mikro, kecil dan menengah Kabupaten Gresik.” ucap Agus Budiono.

Ia mengingatkan kepada pelaku UMKM mengenai arahan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani untuk jangan takut berorientasi ekspor dan cukup berfokus pada kualitas produknya, dan tidak terlalu khawatir dengan masalah perijinan.

“Bupati Fandi Akhmad Yani pernah menyampaikan kepada teman-teman UMKM; jangan pusing mengurusi administrasi ekspor dan lain sebagainya, masalah itu biar diurus oleh Bea Cukai dan Diskoperindag, UMKM cukup fokus menjaga kualitasnya,” ungkap Agus Budiono.

Sementara itu, Eko Rudi Hartono selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai Kabupaten Gresik juga mengungkapkan bahwa ini merupakan momentum bahwa UMKM Gresik mampu untuk menembus persaingan di pasar internasional.

Eko Rudi juga menjelaskan bahwa Birdnestjoy merupakan salah satu produk hasil UMKM Gresik yang aktif berasistensi dengan Diskoperindag dan Bea Cukai Gresik.

“Kami dari Bea Cukai, Diskoperindag dan Asosiasi UMKM Genk (Gading Emas Naik Kelas) terus melakukan asistensi dan pendampingan, dari proses pengurusan legalitas, mempertemukan dengan buyer, bahkan kita juga bergerak untuk pengurusan di BPOM, semuanya sebagai support kami kepada teman-teman UMKM,” terangnya.

Ia melanjutkan akan terus berkolaborasi untuk pengembangan Gresik secara makro, dan akan mendorong siapapun yang menjadi UMKM-nya supaya bisa dan berani ekspor sesuai arahan dari Bupati.

“Kita akan dorong semua pelaku usaha UMKM untuk berani mengekspor produknya,” ucap Eko.

Senada dengan Kadiskoperindag, Ketua Dekranasda Gresik Nurul Haromaini Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya sebelum melepas secara simbolis memberikan apresiasi atas keberhasilan salah satu UMKM Gresik yang berhasil ekspor dengan nilai yang cukup tinggi.

“Ini patut diapresiasi, karena hasil produksi teman-teman UMKM ini membawa nama Kabupaten Gresik di dunia internasional,” ujar Ning Nurul sapaan akrab istri Bupati Gresik itu.

Ning Nurul juga berpesan, agar teman-teman UMKM untuk terus fokus pada kualitas produknya. Karena kalau kualitas produknya bagus, peran dari Pemerintah baik dari Bea Cukai dan Diskoperindag adalah dengan mengasistensi dan mendampingi teman-teman UMKM agar bisa dan berani ekspor.

“Tentunya harapannya adalah agar ekspor ini tidak hanya terjadi satu kali, tetapi terus berkeainambungan,” pesannya.

Keberhasilan UMKM Kabupaten Gresik untuk menembus pasar Internasional merupakan suatu dorongan motivasi bagi para pelaku UMKM, khususnya yang berada di Kabupaten Gresik agar terus optimis dan tidak minder bersaing.

Uly Darojah, pelaku UMKM Birdnestjoy juga menitip pesan kepada pelaku UMKM Gresik agar berani dan tidak berkecil lagi.

“Walaupun UMKM, kita bisa lebih besar lagi dengan dibantu oleh dinas-dinas terkait, khususnya dukungan Pak Bupati yang sangat pro UMKM untuk go global dan go ekspor,” tutupnya.*

 


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,376PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Raih 209 Suara, KH Mulyadi Nahkodai PCNU Gresik 2021-2026

PORTALSURABAYA.COM - KH. Mulyadi terpilih sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Gresik masa khidmat 2021-2026. Kyai Mulyadi menang telak setelah mendapat perolehan sebanyak 209 suara. Ada empat...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR