Jumat, 1 Juli 2022 - 15:48:22
27 C
Surabaya

Kerajinan Rotan Tembus Jepang, Gus Yani: Bangga, Fokus Kualitas Produk!

PORTALSURABAYA.COM – Kabupaten Gresik kembali melakukan ekspor hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), kali ini kerajinan Rotan yang ada di Kecamatan Menganti.

Kerajinan rotan ini merupakan hasil produksi dari UMKM Desa Putat Lor dan Desa Domas di Kecamatan Menganti yang rencananya akan di ekspor ke Jepang.

Pelepasan ekspor kerajinan rotan itu dihadiri Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani hadir, Rabu (29/9/2021) di Pendopo Kecamatan Menganti.

Selain Bupati, hadir juga Ketua Dekranasda Kabupaten Gresik, Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani, Kepala Kantor Bea Cukai Bier Budy, Wakil Ketua DPRD Gresik Mujid Riduan, Kepala Diskoperindag Gresik, Agus Budiono, Camat Menganti Sujarto beserta Muspika dan Kepala desa Se-Kecamatan Menganti.

Atase keuangan Bea Cukai KBRI di Tokyo dan perwakilan dari Garuda Indonesia juga mengikuti secara daring pelepasan ekspor kerajinan rotan tersebut.

Bupati Yani dalam sambutannya merasa bangga, meskipun ditengah situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini tidak menjadi penghalang bagi pelaku UMKM Kecamatan Menganti untuk go internasional.

Bupati Yani juga mendorong agar para pelaku UMKM untuk berinovasi dalam kegiatannya ditengah pandemi, ia juga berpesan agar pelaku UMKM untuk terus mengedepankan kualitas produknya.

“Bapak Ibu Fokus dalam kualitas produk, karena hal ini adalah sumber dari UMKM itu sendiri,” ujar Bupati yang disapa Gus Yani.

Kemudian, Gus Yani menjelaskan untuk pelaku UMKM juga ditekankan agar tidak perlu takut terkait dengan masalah go internasional.

“Itu nanti akan dibantu dengan sinergitas antara Pemerintah Daerah lewat Diskoperindag bersama Bea Cukai,” sambung Bupati Yani.

Pendampingan pelaku UMKM dan kolaborasi dengan berbagai pihak akan terus dilakukan, dalam hal permodalan misalnya, pelaku UMKM tidak perlu khawatir karena kolaborasi dengan bank daerah akan didorong untuk bisa memberikan fasilitas dengan suku bunga rendah.

“ini akan menjadi konsentrasi kita untuk menjadi fasilitator agar UMKM Gresik bisa semakin bangkit ditengah pandemi,” pungkas Bupati Yani.

Senada dengan Bupati Yani, ketua Dekranasda Gresik, Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja sama dan melakukan pendampingan sehingga UMKM berorientasi ekspor.

Dekranasda, kata Ning Nurul sapaan akrab Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani
Itu merupakan mitra pemerintah yang memiliki tugas pembinaan dan pengembangan dalam pembangunan nasional dan daerah, serta peningkatan ekspor pada produk kerajinan.

Kerajinan Rotan yang akan diekspor ke jepang ini akan mengikuti pameran Japan DIY Homecenter Show 2021, dimana ini merupakan pameran terbesar di Jepang dengan potensi pengunjung hingga 100 ribu orang.

“Panjenengan semua ini hebat, karena produknya bisa mejeng di Jepang dengan estimasi pengunjung 100 ribu orang, ini banyak sekali,” ujar Ning Nurul.

Hal ini, kata Ning Nurul, membuktikan bahwa hasil produksi UMKM kita tidak kalah kualitasnya dengan produk dari perusahaan besar, dan lewat pameran ini diharapkan bisa mengenalkan produk – produk unggulan Gresik hingga ke dunia internasional.

“hasil produksi UMKM kita tidak kalah kualitasnya dengan produk dari perusahaan besar,” singkatnya.*

 


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,376PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Komunitas Gasrug Gresik Gelar Pameran Seni Rupa Tahunan

PORTALSURABAYA.COM - Pameran GresArt #6 kembali digelar. Kali ini even seni rupa tahunan yang diselenggarakan komunitas Gerakan Seni Rupa Gresik (Gasrug) itu dilaksanakan 15-31...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR