Jumat, 1 Juli 2022 - 15:21:42
27 C
Surabaya

DPRD Minta OPD Kabupaten Malang Tingkatkan Serapan Anggaran

PORTALSURABAYA.COM – Anggota DPRD meminta OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Malang lebih meningkatkan serapan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Harapannya agar tidak terjadi silpa (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran) pada akhir tahun 2021 nanti.

“Kita sudah mereview serapan setiap OPD per Juli dan Agustus lalu rata-rata masih diangka 30-40 persen,” ungkap Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang, Amarta Faza, Kamis (23/9/2021).

Padahal, seharusnya pada saat itu serapan anggaran OPD setidaknya sudah mencapai Rp 50-60 persen.

“Tapi kami masih memaklumi, karena sebelumnya sempat ada program refocusing sebanyak 3 kali. Sehingga hal itu bisa menghambat proses administrasi, kemudian memperlambat serapan anggaran,” ujarnya.

“Yang penting, saya berharap kedepan serapan anggarannya lebih ditingkatkan lagi, mengingat saat ini sudah menjelang akhir tahun,” sambung Faza.

Politisi Partai Nasdem itu menyampaikan salah satu solusi yang bisa diambil oleh OPD untuk meningkatkan serapan itu yakni dengan meningkatkan program pembangunan. Khususnya untuk fasilitas umum yang urgent.

“Misalnya jalan berlubang dan jembatan masih banyak terlihat di beberapa kawasan Kabupaten Malang. Itu terbilang urgent karena menjadi salah satu sarana bagi masyarakat, khusunya bagi para pedagang,” tuturnya.

Selain itu, dalam pembahasan Komisi III ada juga kebutuhan teknokratik senilai Rp 10 Miliyar.

“Kemudian kebutuhan dari Musrenbang yang belum terwadahi sekitar Rp 50 miliyar. Itu bisa dimanfaatkan untuk menyerap anggaran,” tutup Faza.

Untuk diketahui, total APBD Kabupaten Malang tahun 2021 senilai Rp 3,9 Triliun. 25 persen diantaranya recofusing untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan 8 persen untuk penanganan Covid-19.* (Imron H)


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,376PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Gantikan Almarhum Hamka, PAN Tunjuk Juliana Ketua Fraksi PAN-PPP DPRD Surabaya

"Era sekarangkan era milenial, jadi kita harapkan beliau (Juliana) mampu merekrut para milenial, para anak-anak muda bergabung dengan PAN, sehingga anak-anak muda itu melek politik, supaya mereka tidak buta terhadap kondisi lingkungannya. Itu yang saya sarankan secara serius," papar Mahsun.

BERITA TERKINI

MOST POPULAR