Jumat, 1 Juli 2022 - 16:02:10
27 C
Surabaya

Upacara HUT ke-60 Pramuka, Khofifah: Jaga Persaudaraan dan Persatuan

PORTALSURABAYA.COM Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh anggota Gerakan Pramuka untuk terus menjaga serta menjungung tinggi semangat persaudaraan dan persatuan.

Ajakan itu disampaikan Khofifah saat Upacara HUT ke-60 Gerakan Pramuka yang digelar kwarda daerah di halaman Gedung Grahadi Surabaya, Minggu pagi (15/8/2021).

“Jadikan nuansa Hari Pramuka sebagai penguatan persaudaraan dan persatuan, bahwa mengabdi tanpa henti adalah bentuk berbakti pada masyarakat,  bangsa dan negara tanpa membedakan agama, suku, ras dan antar daerah,” kata khofifah di acara bertema “Berbakti Tanpa Henti” tersebut.

“Ini adalah ruh kemanusiaan yang akan membuktikan bakti kita untuk membangun bangsa dan negara. Jaga pramuka dengan semangat persatuan dan persaudaraan lahir batin,” sambungnya.

Baca Juga: Program Jokowi, 124.000 Usaha Mikro Banyuwangi Terima BPUM Rp 1,2 Juta 

Tak hanya itu, di masa pandemi Covid-19, pengabdian Pramuka kepada masyarakat patut untuk terus ditingkatkan. Karena itu, bertepatan dengan HUT Ke-60 ini, juga dilaksanakan vaksinasi serentak 60 ribu dosis di 60 titik yang tersebar di 38 kabupaten/kota se-Jatim.

Vaksinasi serentak ini digelar mulai tanggal 13-16 Agustus 2021. Selain itu, juga dilakukan donor darah dan donor plasma konvalesen. Vaksinasi di 60 titik — sesuai HUT ke-60 Pramukan, tepatnya di 38 kwarcab se-kabupaten/kota di Jatim. Sehingga dalam pelaksanaanya, satu kwarcab terdapat 2 titik vaksinasi.

Di Kwarda Gerakan Pramuka Jatim sendiri, vaksinasi dilaksanakan di Gedung Grahadi, dan ditinjau langsung oleh Khofifah dan Emil Elestianto Dardak (Wagub Jatim).

“Ada rangkaian program baksos berseiring dengan pandemi Covid-19, yaitu percepatan pelaksanaan vaksinasi. Oleh karena itu secara serentak dilakukan di 60 titik di 38 kabupaten/kota, dengan total 60.000 dosis vaksin,” ungkap Khofifah.

Baca Juga: Bangkit di Tengah Pandemi, Perekonomian Jatim Melesat 7,05 Persen

Hal ini sebagai wujud pengabdian Pramuka di masa pandemi Covid-19. Terlebih kwarnas telah menetapkan Agustus ini sebagai bulan bakti Pramuka.

“Jadi Pramuka berbakti tanpa henti. Kwarnas memutuskan mulai 2021,  Bulan Bakti Pramuka ditetapkan pada Agustus, agar seluruh pengabdian bisa dilipatgandakan,” terangnya.

Sematkan Lencana ke Gus Ipul

LENCANA EMAS: Gus Ipul mendapat anugrah Lencana Jer Basuki Mawa Beya Emas dari Khofifah. Foto/IST/Portalsurabaya.com.
LENCANA EMAS: Gus Ipul mendapat anugrah Lencana Jer Basuki Mawa Beya Emas dari Khofifah. Foto/IST/Portalsurabaya.com.

Pada momen tersebut, Khofifah selaku Kamabida Pramuka Jatim juga menyerahkan Lencana Jer Basuki Mawa Beya Emas kepada mantan Wagub Jatim, Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Gus Ipul yang sekarang menjabat Wali Kota Pasuruan itu mendapatkan lencana karena sebelumnya menjabat Kepala Kwarda Jatim masa bhakti 2010-2015 dan dan 2015-2020.

Selain Pin Emas, juga disematkan pula Lencana Melati kepada Dr H Sopingi selaku wakil ketua Kwarcab Nganjuk. Kemudian disematkan pula Lencana Darmabakti kepada Hj Jajuk Sulistyawati.

Baca Juga: Bebaskan Surabaya dari Covid-19, Eri Cahyadi: Kami Akan Berjuang Mati-matian

Kemudian penghargaan kepada Bupati Trenggalek selaku Ka Mabicab Trenggalek, Bupati Probolinggo selaku Ka Mabicab Probolinggo serta penghargaan kepada KH Abdul Muqit Arief selaku Ketua Kwarcab Jember masa Bhakti 2016-2021.

Pada pelaksanaan Hari Pramuka secara virtual itu, juga diberikan penghargaan lain, di antaranya penghargaan untuk Brigade Penolong Tergiat dalam penanganan Covid-19 untuk Kwarcab Nganjuk, Kwarcab Situbondo, dan Kwarcab Surabaya.

Diikuti penghargaan untuk juara lomba artikel Pandega, peringkat 2 lomba video Podcast Penegak Pandega, juara lomba foto Penggalang, serta juara lomba puisi Siaga.*


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,376PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Meithiana Indrasari Resmi Jabat Ketua Stikosa-AWS

PORTALSURABAYA.COM - Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi-Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS) menggelar acara pelantikan ketuanya yang baru, yakni periode 2021-2024 di Ruang Multimedia milik kampus komunikasi...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR