Minggu, 3 Juli 2022 - 18:53:07
27 C
Surabaya

Percepat Vaksinasi Dosis Dua, Banyuwangi Rekrut 130 Relawan Kesehatan

PORTALSURABAYA.COM – Pemkab Banyuwangi terus melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 dosis dua dengan membuka pendaftaran relawan Tim Satgas Kesehatan. Total ada 130 orang tenaga kesehatan yang akan direkrut.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani mengataka, rekrutmen tersebut dilakukan untuk mempercepat proses vaksinasi di Puskesmas-Puskesmas yang ada di Bumi Blambangan — nama lain Banyuwangi.

“Tambahan 130 relawan tenaga kesehatan itu untuk percepatan vaksinasi, ini nantinya akan door to door vaksinasi maupun di Puskesmas,” jelas Ipul saat memantau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Purwoharjo, Kamis (12/8/2021).

Dia juga menjelaskan, bahwa Dinas Kesehatan Banyuwangi saat ini telah menerima 136.581 dosis, terdiri dari vaksin Astra Zeneca, Sinovac, Moderna, dan Sinopharm.

Baca Juga: Program Jokowi, 124.000 Usaha Mikro Banyuwangi Terima BPUM Rp 1,2 Juta

Vaksin tersebut, kata Ipuk, digunakan untuk dosis pertama dan kedua. Khusus Moderna untuk dosis ketiga bagi tenaga kesehatan. “Secara bertahap kami telah menerima vaksin dari pusat dan provinsi,” katanya.

Selanjutnya, Pemkab Banyuwangi akan terus memacu pelaksanaannya hingga tuntas. “Kita sangat menaruh harapan terhadap vaksinasi ini karena data menunjukkan vaksinasi efektif dalam mencegah penularan dan mengurangi keparahan infeksi Covid-19,” tandasnya.

Tertinggi Kedua di Jatim

Sementara data per 11 Agustus 2021 kemarin, 476.473 warga Banyuwangi telah divaksin dosis pertama, dan terus berlanjut. Termasuk dosis dua.

Angka tersebut, masih kata Ipuk, setara 35,5 persen dari total sasaran awal, yakni 1,34 juta jiwa warga. Untuk tingkat kabupaten, capaian persentase Banyuwangi merupakan yang tertinggi kedua di Jatim.

Baca Juga: Tak Terdaftar DTKS, 3.000 Warga Banyuwangi Terima Sembako Kemensos 

Meski begitu, Ipuk masih terus mengajak warganya untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). ”Memakai masker, menjaga jarak, rajin membersihkan tangan, mengurangi mobilitas jika memang tidak perlu adalah kontribusi kita untuk menekan penularan Covid-19,” pesan Ipuk.

Ipuk juga meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi penyandang disabilitas di Kantor Kecamatan Cluring. Sasarannya mencapai 90 warga. Mereka disuntik vaksin Sinopharm.

“Dinas Kesehatan telah menerima 185 vial vaksin Sinopharm, kami fokuskan untuk penyandang disabilitas,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Andriyani.*


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,380PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Banyuwangi Sukses Budidaya Gingseng Merah, Wabup Sugirah: Ini Komoditas Menjanjikan

PORTALSURABAYA.COM – Banyuwangi kembali sukses mengembangkan komoditas pertaniannya. Kali ini petani di Dsn Pandan, Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng berhasil membudidayakan gingseng merah . Menurut Wakil...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR