Jumat, 1 Juli 2022 - 14:22:24
27 C
Surabaya

BWF Rilis Buku ke-4 di Ultah ke-94 Persebaya

PORTALSURABAYA.COM – Tepat pukul 00.00 WIB Jum’at (18/6/2021) tengah malam tadi, Bonek Writer Forum (BWF) merilis buku keempat.

Berjudul ‘Stadion: Kuil Sepak Bola’ buku ini dipersembahkan sebagai kado ulang tahun ke-94 Persebaya yang jatuh tepat hari ini. Berisi 39 judul tulisan oleh 20 penulis. Dahlan Iskan, Bapaknya Bonek, berkesempatan menorehkan kata pengantar di buku yang diterbitkan Fandom itu.

Uniknya, perilisan buku ini dilakukan bersama via medsos resmi BWF serta masing-masing anggota BWF. Tepat di pergantian hari, Kamis ke Jum’at.

“Melalui buku berjudul ‘Stadion: Kuil Sepak Bola’ ini, pembaca akan diajak oleh para penulis menelusuri lorong waktu untuk melihat berbagai macam stadion serta lapangan sepak bola di dalam negeri maupun luar negeri. Mulai yang terkenal sampai dengan yang tidak pernah kita dengar sebelumnya,” ungkap Rojil Nugroho Bayu Aji, dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa), salah satu anggota BWF.

Pembaca, lanjut pria karib dipanggil Rojil ini, juga disuguhi kisah-kisah menarik tentang stadion serta lapangan sepak bola sejak zaman dahulu. Kondisinya saat ini seperti apa dan juga prediksi nasibnya di masa mendatang akan menjadi seperti apa.

Stadion dan juga lapangan sepak bola bukanlah sekadar bangunan fisik (public space), ia juga merupakan bangunan hidup (public sphere) yang terus akan dimaknai dengan berbagai macam tafsir.

Banyak memori yang tersimpan di dalam stadion serta lapangan sepak bola bagi siapapun. Baik saat menonton pertandingan sepak bola maupun event selain sepak bola. Karena stadion dan lapangan sepak bola ibaratnya adalah panggung yang multifungsi.

BWF sendiri didirikan pada 6 Desember 2018. Sejak berdiri, kelompok ini memiliki tradisi merayakan HUT Persebaya dengan menerbitkan buku dan bahan bacaan lainnya, online maupun offline.

“Juni 2019, menyambut HUT ke-92 Persebaya, menerbitkan buku elektronik bunga rampai berjudul ‘Make Persebaya 92eat Again’. Juni 2020, menyambut HUT ke-93 Persebaya, menerbitkan Koran BWF yang berisi kisah-kisah para penulisnya saat mbonek,” jelas Oryza Ardyansyah, salah satu penggagas BWF.

Kemudian, pada Juni 2021, menyambut harlah ke-94 Persebaya, lagi-lagi BWF menerbitkan buku. Selain menerbitkan buku tersebut, ada dua buku lagi. Berjudul ‘Tolak Bala Sepak Bola’, diterbitkan atas kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya.

‘Sepak Bola dan Kelas Pekerja’ menjadi buku ketiga, diterbitkan atas kerjasama dengan UK Petra Surabaya. BWF juga memiliki website resmi www.sejarahpersebaya.com

“Dalam waktu dekat, kami akan membuka kelas menulis, vlog, desain grafis, dan hal-hal terkait jurnalisme dan literasi sepak bola bagi pelajar SMA dan sederajat untuk menyambut Bulan Persebaya,” jelas Oryza.

Sejumlah anggota BWF yang juga dosen, seniman, jurnalis tulis, jurnalis televisi, ASN, freelancer serta fotografer akan menjadi mentor untuk kelas terbatas ini.

“Kami masih berusaha untuk uji coba dan menyusun kurikulumnya. Mohon bersabar, karena semua ini dilakukan pro bono alias berdasarkan kerelaan hati semua anggotanya untuk menghidupkan literasi sepak bola di Indonesia,” pungkas Bonek yang juga jurnalis media online yang bermukim di Jember ini.(jk)***


BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

0FansSuka
3,376PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

BERITA PILIHAN

Persebaya Anti Klimaks

PORTALSURABAYA.COM - Persebaya Surabaya memungkasi Liga 1 2021/2022 dengan menelan kekalahan 1-2 atas Borneo FC. Gagal happy ending. Tanpa adanya pemain seperti Alwi Slamat, Ricky...

BERITA TERKINI

MOST POPULAR